BeritaPrestasi

Mahasiswa KPI Juara Lomba Public Speaking

Faiz Abdul Majid, mahasiswa KPI UIN Raden Mas Said, menyabet juara dua dalam Public Speaking Competition. Kompetisi ini digelar oleh Indonesia Leadership Talented dengan tema “Intellegent Generation”. Kegiatan yang diselenggarakan secara virtual ini terlaksana pada 17 April 2022. Pemenang dari kompetisi ini diumumkan dalam Webinar nasional dengan tema Intellectual Golden Generation Festival 2022 pada tanggal 24 April 2022. Tujuan dari kompetisi ini ialah, mengukur sejauh mana soft skills yang dimiliki generasi muda Indonesia. Dalam hal ini, soft skills yang dimaksud adalah kemampuan berkomunikasi, yaitu public speaking.

Peserta dari Public Speaking Competition ini terdiri dari mahasiswa dan masyarakat umum. Faiz mengangkat opini tentang  generasi muda, cerdas menggunakan media. Ia memaparkan bagaimana tolok ukur kecerdasan generasi muda di masing-masing zaman, dari masa pembebasan NKRI, masa reformasi hingga tolak ukur kecerdasan generasi muda di era digital saat ini. Ia memberikan tips bagaimana cara bermain media sosial dengan cerdas. Menggunakan media sosial sebagai tempat belajar, stop penyebaran berita palsu dan jauhi komentar yang tidak sesuai dengan bidang keilmuan kita.

Salah satu motivasi Faiz mengikuti kompetisi ini adalah berkontribusi yang terbaik, minimal untuk diri sendiri. “Saya menganggap lomba ini sebagai langkah awal dalam proses pengembangan diri, terutama dalam skill public speaking, jika tidak beruntung mendapatkan prestasi, paling tidak saya sudah menang dari diri saya yang kemarin. Melihat latar belakang saya adalah mahasiswa komunikasi dan penyiaran Islam, tentu ini sebagai praktik berkomunikasi yang baik,” tutur Faiz.

Leave a Reply

Your email address will not be published.