SEMARANG [18/11] – Tiffani Latifatul dan Fathimah Nur Sholihah, mahasiswa semester 3 Program Studi Komunikasi dan Penyiaran Islam UIN Raden Mas Said Surakarta, berhasil mencatatkan namanya sebagai juara 1 dalam Lomba Podcast Competition yang diselenggarakan oleh HMJ KPI UIN Walisongo Semarang. Kompetisi ini merupakan bagian dari rangkaian acara Comfest 2023, sebuah tradisi tahunan yang diadakan oleh HMJ KPI UIN Walisongo Semarang.

Perjalanan menuju gelar juara 1 tidaklah mudah bagi kedua mahasiswa ini. Dengan latar belakang pengalaman di dunia public speaking, Fathimah sebagai mantan crew UKM Radio Dista dan Tiffani sebagai host ngopicast (Ngobrol HMPS KPI Podcast), keduanya membawa keunikan dan keseruan dalam podcast mereka. Dengan nama siar “ikah-ken” dan “tipel-sih,” mereka mengangkat tema “Mahasiswa Produktif,” merefleksikan realitas mahasiswa masa kini.

Penggunaan panggilan akrab “Gen-Z” dalam podcast ini menjadi upaya untuk membuat pendengar, khususnya generasi muda, merasa nyaman dan betah mendengarkan. Dalam konsep sharing antar host, Tiffani dan Fathimah membahas persepsi setiap mahasiswa mengenai kata “produktif.” Chemistry yang dibangun oleh kedua host memberikan kesan seakan-akan mereka berkomunikasi langsung dengan pendengar.

Closing statement podcast ini memberikan pesan inspiratif, “Kalo lu punya idola, jangan pernah berkeinginan menjadi seperti idolamu, tapi belajarlah dari proses yang dilalui olehnya.” Mereka menekankan bahwa kesuksesan bukanlah hasil instan, melainkan sebuah bonus dari proses yang telah diikhtiarkan. Seluruh perjalanan, dari suka duka hingga kemenangan juara 1, mencerminkan usaha, doa, dan keyakinan dalam mencapai tujuan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *