Sukoharjo, 19/11/2023 – Mahasiswa semester 3 program studi Komunikasi dan Penyiaran UIN raden Mas Said Surakarta Islam telah sukses menyelenggarakan acara sosialisasi “Reduce, Reuse, And Recycle” dalam rangka tugas mata kuliah public relations. Acara ini berlangsung meriah di Car Free Day Kartasura, dengan tujuan utama mengedukasi masyarakat sekitar mengenai pentingnya praktik ramah lingkungan.

Pada Car Free Day tersebut, mahasiswa KPI memberikan materi mengenai konsep “Reduce, Reuse, And Recycle” kepada pengunjung. Mereka tidak hanya memberikan informasi, namun juga memberikan contoh nyata dengan menanam bibit tanaman menggunakan wadah botol bekas. Selain itu, mahasiswa juga membagikan semprotan hama yang mereka buat sendiri dengan menggunakan kulit bawang putih.

Dalam upaya mengurangi sampah plastik, mahasiswa KPI menyediakan tempat sampah yang terbuat dari galon bekas di sekitar stan mereka. Langkah ini bertujuan untuk mengajak pengunjung Car Free Day agar lebih bertanggung jawab dalam membuang sampah dan menjaga kebersihan lingkungan sekitar.

Antusiasme masyarakat sekitar dan pengunjung Car Free Day terlihat dari banyaknya respon positif yang diterima oleh mahasiswa KPI. Dr. M. Rahmawan Arifin, M.Si, selaku penanggungjawab Car Free Day Kartasura, turut hadir dalam acara tersebut dan memberikan apresiasi kepada mahasiswa KPI atas inisiatif mereka dalam menyelenggarakan kegiatan berbasis lingkungan.

Arifin, yang juga menjabat sebagai dekan Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam (FEBI) UIN Raden Mas Said Surakarta, memberikan dukungan penuh terhadap acara tersebut. “Silahkan dilanjutkan acara yang seperti ini, jikalau mau adakan lomba fotografi juga nanti saya yang menanggung hadiahnya,” ujar Arifin. Ia juga menawarkan kolaborasi dengan mahasiswa KPI untuk kegiatan mendatang.

Sosialisasi “Reduce, Reuse, And Recycle” yang diadakan di Car Free Day Kartasura mengusung tema “EcoRevolution,” yang artinya menciptakan konsep perubahan antara manusia dengan lingkungan dan sumber daya alam guna menjaga keseimbangan ekosistem. Tagline mereka, “merubah dunia dengan tindakan sederhana,” menjadi mantra untuk menekankan bahwa perubahan positif dapat dimulai dari tindakan-tindakan sederhana, seperti mengelola sampah organik menjadi kompos, menggunakan produk ramah lingkungan, dan mengubah botol bekas menjadi karya kreatif.

Acara ini merupakan bukti nyata bahwa mahasiswa KPI tidak hanya mengembangkan keterampilan akademis, tetapi juga peduli terhadap lingkungan dan masyarakat sekitar. Semoga keberhasilan acara ini menjadi inspirasi bagi kegiatan serupa di masa mendatang.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *