BeritaHMPS

Kabinet Sastrajendra HMPS KPI 2022 Laksanakan Rapat Kerja dan Pelatihan

Sebanyak 31 pengurus Himpunan Mahasiswa Program Studi Komunikasi dan Penyiaran Islam (HMPS KPI) periode 2022 mengikuti Rapat Kerja (RAKER) dan Pelatihan Organisasi pada Rabu-Kamis (12-13/01) di Ngargoyoso, Karanganyar. Acara ini dipimpin oleh Herlyana Novanka, Ketua Panitia RAKER tahun ini. Mengusung tema D’Aveture (Discussion for the Future Aviation), diharapkan acara ini bisa menjadi diskusi program kerja HMPS KPI untuk Program Studi KPI yang lebih baik, terbang tinggi menggapai apa yang belum dicapai dan dicita-citakan.

Acara RAKER diawali dengan pengucapan ikrar pelantikan pengurus yang dipimpin oleh Senat Mahasiswa Fakultas Ushuluddin dan Dakwah (SEMA FUD). Lalu dibuka oleh Kaprodi KPI, Agus Sriyanto. “Dari ikut organisasi semoga bisa memberikan manfaat bagi anggota maupun masyarakat KPI, sehingga dari kesempatan RAKER ini bisa muncul ide-ide yang bisa disalurkan nantinya,” ujar beliau saat memberi sambutan.

Kegiatan dilanjutkan dengan Pelatihan Organisasi oleh Demisioner Ketua Umum HMPS KPI 2020 dan 2021. Ayu Fitri Yuliani atau kerap disapa Afiyu, Demisioner Ketua Umum HMPS KPI 2021, menyampaikan materi dasar-dasar organisasi dan apa saja yang diperlukan dalam sebuah organisasi. Disini teman-teman pengurus diberi pengertian apa itu organisasi. Selanjutnya, Muhammad Iqbal Kusuma, Demisioner Ketua Umum HMPS KPI 2020, menjelaskan hal-hal apa saja yang diperlukan dalam pembuatan event yang terstruktur. Beliau juga memberikan tips untuk pengurus, “karakter yang harus ditanamkan dalam organisasi yaitu karakter kerja sama, karakter perencanaan, karakter supel dan fleksibel, dan karakter tenang dalam tekanan.”

Acara inti yaitu RAKER diadakan tepat setelah Pelatihan Organisasi selesai. Disini tiap-tiap bidang yang ada menyampaikan target-target program kerja yang akan dijalankan satu periode kedepan. Presentasi program kerja diawali oleh Badan Pengurus Harian (BPH), lalu dilanjutkan oleh Bidang Pengembangan Potensi Sumber Daya Mahasiswa (PPSDM), Bidang Dakwah dan Riset (DARIS), dan Bidang Komunikasi dan Informasi (KOMINFO). Diskusi program kerja tiap bidang berjalan dengan komunikatif, banyak usulan-usulan yang disampaikan oleh pengurus lainnya.

Di hari kedua, kegiatan dimulai dengan jalan sehat dan outbound dengan harapan mampu meningkatkan keakraban pengurus HMPS KPI. Acara ditutup dengan pengesahan program kerja oleh Anisa Pratiwi Nurhayati, Ketua Umum HMPS KPI 2022. “Boleh lelah, tapi jangan menyerah. Boleh kalah, tapi jangan mudah pasrah.” ujar Anisa memberikan motivasi bagi pengurus HMPS KPI 2022.

Leave a Reply

Your email address will not be published.