BeritaKaryaMahasiswa

Jajardians Produksi Series

Berkarya di penghujung tahun 2021 dan di tengah Pandemi Covid-19, Jajardians Production memproduksi series untuk pertama kalinya.

Jajardians Production yang merupakan komunitas film anak Komunikasi dan Penyiaran Islam UIN Raden Mas Said Surakarta, kini telah merangkul mahasiswa pencinta film di luar UIN Raden Mas Said Surakarta, pada 20 – 22 Desember 2021 melakukan shooting series di daerah Surakarta. Series ini merupakan produksi film  Jajardians yang ke 4, sebelumnya ada Jilujilupatmo (2019), Lepat (2019) dan Primpen (2020).

Bergenre drama romance dengan total 5 episode, produksi kali ini menjadi series pertama yang diproduksi Jajardians, dengan selama produksi memiliki jumlah crew yang paling banyak dibandingkan produksi sebelumnya yaitu kurang lebih 50 orang yang semuanya berkontribusi selama 3 hari sesuai dengan jobdisk masing-masing.

Memiliki judul “Pubertas”, series ini di sutradarai oleh Sayyid Ikhsanudinoor mahasiswa KPI UIN Raden Mas Said Surakarta.

“Ide cerita pubertas berawal dari pengalaman pribadi beberapa tahun lalu yang saya kemas dengan beberapa referensi dari film-film lain agar series pubertas ini terasa relate dipenikmatnya nanti. Sedangkan judul pubertas sendiri diambil karena mempunyai makna yang luas. Bercerita dimana seseorang sedang menjalani masa pubertasnya yang masih labil mencari kesenangan pribadi,” kata Sayyid.

Bisa dikatakan produksi series ini merupakan produksi terbesar Jajardians, apalagi di tengah masa Pandemi Covid-19, Amirul Mujahid Habibulloh selaku Produser dan juga merupakan mahasiswa KPI menyatakan bahwa mengalami sedikit kendala untuk memanajemen produksi series ini.

“Kendala dari produksi series pubertas kemarin soal perijinan tempat yang harus menggunakan protokol kesehatan yang ketat, sehingga kita harus membagi beberapa crew yang bertugas untuk menghindari kerumunan”, tuturnya.

Series ini diproduksi dengan biaya mandiri para crew serta dibantu dengan adanya sponsor dan donatur. Selain itu, kelancaran series ini tidak lain juga karena Produser Eksekutif yang sangat mensupportnya, yaitu Resha Zuhriya Briyan Pratiwi, M.I.Kom (dosen KPI UIN Raden Mas Said) dan Aldo Hernowo (owner Chef Kamera Rent)

Saat ini series sedang dalam masa Post Production. Untuk kelanjutan dari hasil series, nantinya akan diadakan Sounding di bulan Februari yang bertempat di Surakarta, serta akan ditayangkan di YouTube Jajardians Production di bulan Februari. Jadwal tayangnya setiap 1 Minggu sekali. Untuk lebih mengenal Jajardians Production dan  mengetahui perkembangan series, bisa mengunjungi sosial media Instragram @jajardiansproduction.

Leave a Reply

Your email address will not be published.