BeritaMagang

Mahasiswa KPI Magang di Lorin Solo Hotel

Ema Rahmawati mahasiswa Komunikasi dan Penyiaran Islam semester tujuh Universitas Islam Negeri Raden Mas Said Surakarta menjadi satu – satunya mahasiswa yang magang di Perhotelan. Terhitung sejak tanggal 24 Agustus hingga 26 November ia menjalankan masa magang di Lorin Solo Hotel dibagian Public Relations. Public Relations Lorin Solo Hotel dibagi menjadi tiga divisi yaitu Senior Public Relations Manager, Desain Grafis, dan Art Man.

Meskipun masa magang di perhotelan cukup lama dibanding dengan temannya yang lain yang hanya 2 bulan, Ema mengaku beruntung karena ia dapat memaksimalkan ilmu yang ia pelajari tentang Public Relations dan Marketing Komunikasi. “Selama hampir tiga bulan disini saya banyak mendapat ilmu yang tidak saya dapatkan saat pembelajaran di kampus khususnya dalam hal Public Relations. Jika dikampus kita hanya bisa dapat teorinya saja, dengan PPL ini saya bisa belajar bahwa teori yang saya dapat ternyata hanya dasar dari ilmu PR saja. Dalam prakteknya ternya PR tak hanya sebatas menjaga citra perusahaan saja, melainkan banyak tugas lain yang cukup kompleks berkaitan dengan internal dan eksternal perusahaan”

Kegiatan Public Relation meliputi pembuatan materi iklan dan publikasi, kegiatan Corporate Social Responsibility, pembuatan materi promo, kerjasama dan negosiasi, campaign, penyelenggaraan event yang bertujuan untuk meningkatkan okupansi dan branding hotel, pembuatan konten, kunjungan ke media seperti halnya saat HUT TATV, Solopos, dan Solo Radio, dan masih banyak lagi. “banyak sekali pengalaman berharga yang saya dapat disini salah satunya berkesempatan untuk mendampingi table manner, jadi saya mendapat ilmu tentang table manner secara gratis yang mungkin tidak didapat teman – teman jika magang di tempat lain. Selain itu saya juga menghandle akun media sosial instagram Lorin Solo Hotel disitu saya juga belajar cara berkomunikasi dengan klien atau tamu secara baik dan benar. Selain itu saya juga diajarkan bagaimana berkomunikasi melalui telepon.” Imbuhnya.

Selama masa magangnya, Ema dibimbing langsung oleh Senior Public Relations Lorin Solo Hotel  Dhani Wulandari yang sekaligus Public Relations Syariah Hotel Solo. Menurut Dhani ilmu diperkuliahan saja tidak cukup untuk bisa terjun di dunia Public Relations jika tidak diimbangi dengan pengalaman. “Saya dulu juga sewaktu kuliah mendapat ilmu tentang PR, ternyata setelah saya terjun langsung di dunia PR ilmu yang saya dapat selama kuliah jauh berbeda dengan realita di lapangan. Makanya menurut saya penting sekali bagi mahasiswa untuk belajar langsung kepada praktisi PR.”

Ema mengaku sangat bangga karena diberi kesempatan untuk magang di Lorin Solo Hotel karena ia bisa belajar langsung Public Relations dengan praktisi berpengalaman. Ia berharap semoga dilain kesempatan kampus dapat mendatangkan praktisi Public Relations untuk bertukar ilmu dan pengalaman bersama mahasiswa. Selain itu semoga mahasiswa lain tidak hanya asal memilih tempat magang agar ilmu yang mereka peroleh maksimal.

Leave a Reply

Your email address will not be published.