BeritaMagang

Mahasiswa KPI Magang di Disdukcapil Karanganyar

Empat mahasiswa Komunikasi dan Penyiaran Islam UIN Raden Mas Said Surakarta melakukan kegiatan PPL (Praktik Pengalaman Lapangan) atau magang di Disdukcapil Karanganyar selama dua bulan (01 Agustus – 30 September 2022). Mahasiswa yang magang di Disdukcapil Karanganyar adalah Ririn Wulandari, Afrilia Choirul Nisa, Dian Novitasari, dan Nabila Hafizha Rahma. Mereka ditempatkan di kantor Disdukcapil (Dinas Kependudukan Dan Catatan Sipil).

“Ada banyak hal yang dapat saya pelajari selama dua bulan magang di kantor Disdukcapil Karanganyar. Di antaranya adalah membuat salinan dokumen untuk mempermudah keperluan administrasi kantor, menyortir dokumen dalam computer agar sesuai dengan prioritas dan lebih mudah pengawasannya, melihat kegiatan jemput bola untuk penyandang disabilitas dan lansia dengan cara berkeliling ke desa-desa dalam lingkup wilayah Karanganyar”, tutur Nabila. Menurut Nabila banyak hal yang mengesankan selama magang di Disdukcapil Karanganyar “ Karena saya baru pertama kali mendapatkan pengalaman belajar di kantor Disdukcapil saya merasa ini sungguh pengalaman yang berarti bagi saya apalagi ketika melayani public (masyarakat ) secara langsung saya menjadi tahu untuk segala pengajuan berkas dan dokumen dari masyarakat,” ujarnya.

Ririn mengaku banyak mendapatkan banyak ilmu baru selama magang di Disdukcapil Karanganyar, saya ditempatkan di bidang pelayanan pendaftaran penduduk (bidang dafduk) dan sebagai admin WhatsApp bagian dafduk. Disana saya dapat berinteraksi secara langsung maupun via WhatsApp dengan masyarakat. Terutama saat mendapatkan pertanyaan dari masyarakat tentang pembuatan akta kelahiran/ kematian, pembuatan KIA, surat pindah dan kartu keluarga.

“Banyak hal yang dapat saya pelajari selama magang di Disdukcapil Karanganyar, di antaranya belajar memanajemen waktu ketika mendapat pesan masuk dari pemohon untuk segera di respon, bagaimana bersikap kepada masyarakat saat bertemu, dan menggunakan bahasa yang baik saat menjawab pertanyaan dari masyarakat secara langsung,” Pungkas Ririn

Afrilia, yang juga magang di Disdukcapil Karanganyar menyatakan hal yang sama “saya magang di kantor Disdukcapil Karanganyar masuk jam kerja jam 07.30 kemudian, melakukan apel setiap pagi dan melanjutkan bekerja. Kantor menjadwalkan pulang untuk anak magang pada jam 15.30 karena pegawai kantor pulang jam 16.00 WIB. Menurut Afrilia magang di Disdukcapil memberikan banyak pelajaran apalagi pada saat pembuatan dokumen kependudukan dan catatan sipil. “Kita jadi lebih tau dan mengenal apa saja berkas yang harus disiapkan dan diperlukan pada saat membuat dokumen kependudukan dan catatan sipil. Tak hanya itu disini kita juga akan tau mengenai masalah-masalah yang biasanya diajukan masyarakat ketika pengajuan dokumen, seperti dokumen hilang, penggantian elemen dalam dokumen, pembaruan dokumen dan masih banyak lagi,” terangnya.

Kesan baik juga datang dari Dian “ selama magang di Disdukcapil Karanganyar awalnya saya mengerjakan salinan dokumen ke computer, kemudian saya ditempatkan di rekam KTP. Sungguh pengalaman yang luar biasa bagi saya karena saya dapat mengetahui bagaimana prosedur perekaman KTP dan berhadapan langsung dengan berbagai macam masalah, mulai dari KTP rusak, kekeliruan, penggantian foto dan lainnya”.

Leave a Reply

Your email address will not be published.