BeritaMahasiswa

KKL KPI 2022: Meraup Ilmu di Humas Universitas Brawijaya

Malang, Selasa (21/06) Mahasiswa konsentrasi Public Relation Komunikasi dan Penyiaran Islam (KPI) UIN Raden Mas Said Surakarta melakukan Kuliah Kerja Lapangan (KKL) ke Humas Universitas Brawijaya. Acara digelar di UB Guest House yang diikuti kurang lebih 70 Mahasiswa dari konsentrasi Public Relation program studi KPI UIN Raden Mas Said Surakarta.

Sambutan yang pertama disampaikan oleh Dosen Program Studi KPI, Eny Susilowati, S.Sos., M.Si., “KKL KPI biasanya dilaksanakan di daerah barat, sekarang kami ke arah timur, dikarenakan kondisinya belum memungkinkan. Kita disini ingin belajar dengan Humas Universitas Brawijaya (UB) kalau dikatakan studi banding mungkin terlalu tinggi istilahnya. Jadi kami niatnya ingin belajar bersama mengenai kehumasan di Universitas Brawijaya,” ujar Eny Susilowati dalam sambutannya.

Sambutan yang kedua disampaikan oleh Kepala Divisi Humas dan Kearsipan Universitas Brawijaya, Kotok Gurito, S.E., “Saya sebagai Kepala Divisi Humas dan Kearsipan Universitas Brawijaya menerima dan menyambut kedatangan adik-adik mahasiswa Komunikasi dan Penyiaran Islam UIN Raden Mas Said Surakarta. Semoga kita dapat berbagi ilmu mengenai kehumasan dan dapat bermanfaat nantinya untuk terjun di dunia kehumasan,” tutur Kotok Gurito dalam sambutannya.

Selanjutnya Oky Dian, selaku moderator membuka diskusi dengan pemateri pertama yang disampaikan oleh Kotok Gurito, selanjutnya Oky Dian dan yang terakhir Vicky Nur Wijaya.

Memasuki acara inti yaitu penyampaian pemateri dari Kotok Guritno, Kepala Divisi Humas dan Kearsipan Universitas Brawijaya. Beliau menyampaikan mengenai profil perkenalan Universitas Brawijaya yang terdiri dari sejarah didirikannya Universitas Brawijaya, jumlah mahasiswa dan dosen Universitas Brawijaya, empat lokasi kampus Universitas Brawijaya, lambang dan maskot Universitas Brawijaya, jumlah fakultas Universitas Brawijaya dalam kelompok saintek dan soshum. Beliau juga menyampaikan prestasi-prestasi yang telah diraih oleh humas UB sejak tahun 2019 hingga 2021.

Materi selanjutnya disampaikan oleh Oky Dian dan Vicky Nur Wijaya, Media Relation Humas Universitas Brawijaya. Mengenai website Universitas Brawijaya dan Instagram Universitas Brawijaya, mereka menjelaskan contoh isi dari website dan instagram yang dikelola oleh humas Universitas Brawijaya serta menyampaikan kegiatan-kegiatan kehumasan yang dilakukan oleh humas Universitas Brawijaya seperti kegiatan konferensi pers, menjalin kerjasama yang baik dengan wartawan, memuat berita seputar kampus dan mahasiswa Universitas Brawijaya, dan bekerja sama dengan humas fakultas. 

Setelah pemaparan meteri dari humas Universitas Brawijaya selesai, acara dilanjutkan dengan sesi tanya jawab. Selain mahasiswa konsentrasi public relation yang sangat antusias, juga ada dosen yang bertanya dengan pertanyaan-pertanyaan yang kritis. Misalnya ada yang bertanya siapa yang menggagas ide-ide konten dan menyaring berita yang akan dimuat dalam website maupun media sosial instagram Universitas Brawijaya, serta pertanyaan apakah ada rencana dari humas Universitas Brawijaya untuk menggunakan media sosial lainnya seperti TikTok yang banyak digemari saat ini. (Salma Dias Pratama dan Meta Chania/ Public Relation 2019)

Leave a Reply

Your email address will not be published.