BeritaMahasiswa

KKL KPI 2022: Mahasiswa KPI Kunjungi JTV Malang

Mahasiswa Komunikasi dan Penyiaran Islam UIN Raden Mas Said angkatan 2019 melakukan Kuliah Kerja Lapangan (KKL) pada tanggal 20-21 Juni 2022. Adapun kegiatan KKL tahun ini mengunjungi beberapa instansi di kota Malang. Mahasiswa berangkat dari UIN Raden Mas Said Surakarta pukul 22.00 WIB dan tiba di kota Malang pada pukul 04.00 WIB dini hari. Kemudian mahasiswa KPI terbagi sesuai kosentrasinya untuk mengunjungi instansi yang sudah ditentukan. Untuk kosentrasi Broadcasting berkunjung ke JTV Malang dan tiba di lokasi pada pukul 10.00 WIB.

JTV Malang merupakan salah satu biro TV lokal atau cabang dari JTV yang berpusat di Surabaya. JTV disebut sebagai televisi lokal nomor 1 di Jawa Timur dengan 11 biro televisi di seluruh daerah Jawa Timur. Di kantor JTV Malang, mahasiswa Broadcasting mempelajari banyak hal, seperti mempelajari sejarah televisi khususnya JTV, dunia broadcasting, dunia jurnalis dengan berbagai tips dan keluh kesah menjadi seorang jurnalis, dan juga belajar menjadi seorang reporter dengan praktek di depan kamera.

Kak Icha, reporter dan pembicara, menjelaskan bahwa JTV malang memiliki 3 program yaitu Kopi Manis, Momenta, dan Bincang Bincang. Momenta menjadi program liputan khusus yang mana hanya terdapat 2 crew yang bertugas yaitu cameraman dan reporter. Saat di lapangan, mereka juga merangkap menjadi seorang scriptwriter dan pengisi voice over. Program Bincang-Bincang menjadi program “menguntungkan” menurut kak Icha karena merupakan program bersama “pejabat” dan kesempatan bagi host untuk dekat para “petinggi”. Program Bincang-Bincang yang dikemas secara talkshow ini membahas mengenai politik, ekonomi, dan juga hiburan.

Kak Icha menyampaikan bahwa citizen journalist menjadi salah satu sumber bahan informasi yang tayang di televisi. Karena citizen journalist dengan cepat merekam dan mempublikasikan informasi atau berita secara langsung dari lokasi kejadian.

“Siapapun bisa menjadi jurnalis, siapapun bisa menjadi broadcaster di berbagai bidang. Dengan seiring perkembangan zaman siapapun bisa menjadi seorang content creator,” ujarnya.

Saat wawancara, Sarbini selaku Dosen Pembimbing Lapangan menyampaikan harapannya kepada para mahasiswa agar dapat belajar dan menyerap ilmu terkait penyiaran.

Salah satu mahasiswa KPI, Abdul Hayyi Al Ghifari juga menyampaikan ungkapan bahagia dan senang bisa melakukan kunjungan ke JTV Malang. “Kita mempelajari banyak hal baru, mengetahui bagaimana cara kerja orang-orang televisi,” tukas Ghifari.

Selain mengunjungi instansi televisi dan beberapa instansi lainnya, mahasiswa KPI juga mengunjungi wisata di kota Batu yaitu BNS (Batu Night Spectacular). Hari itu juga mahasiswa dan dosen pembimbing melanjutkan perjalanan pulang ke Solo dan tiba di UIN Raden Mas Said Surakarta pukul 01.45 WIB dini hari.

Leave a Reply

Your email address will not be published.