Berita

Pengabdian Masyarakat “Membuat Film Pendek” Prodi KPI Di MAPK MAN 1 Surakarta

Prodi KPI UIN Raden Mas Said Surakarta mengadakan pengabdian masyarakat di Madrasah Aliyah Program Khusus Madrasah Aliyah Negeri (MAPK MAN) 1 Surakarta. Kegiatan ini dilakukan oleh tim yang beranggotakan Dr. Zainul Abbas, M.Ag., Eny Susilowati M.Si, Rhesa Zuhriya BP., M.I.Kom. dan Joni Rusdiana M.I.Kom. bekerja sama dengan mahasiswa Prodi KPI yang aktif di Permata TV, pengabdian kali ini mengusung tema “Pelatihan Membuat Film Pendek.” Kegiatan pengabdian ini merupakan program rutin yang dilakukan dosen-dosen Prodi KPI setiap tahun untuk berperan memberikan manfaat kepada masyarakat.

Dalam sabutannya Eny Susilowati, mewakili Prodi KPI, saat membuka acara menyampaikan bahwa saat ini produksi film bukan menjadi sesuatu yang sulit dan hanya bisa dilakukan oleh orang-orang perfilman. Dengan adanya perkembangan teknologi sekarang siapa pun bisa membuat film. “Saya yakin semua yang ada di sini memiliki hp android dengan kualitas kamera yang cukup bagus, sehingga kita semua dengan mudah bisa membuat karya foto dan film,masalahnya kualitasnya bagus apa tidak” terang Eny.

Berangkat dari fakta ini maka Prodi KPI mengadakan pengabdian pelatihan membuat film pendek agar film-film yang dibuat menjadi berkuatlitas. “Masa depan film ke depan juga akan lebih menjanjikan, terutama untuk film-film pendek dan independen,” lanjut Eny menambahkan.

Sesuai dengan tema yang diusung maka sasaran peserta dari kegiatan ini adalah generasi muda. Generasi muda saat ini sangat familiar dengan dunia videografi dan film.  Bertempat di gedung lokal timur MAPK MAN 1 Surakarta kegiatan ini diikuti oleh 30 siswa. Sluruh peserta merupakan siswa MAPK MAN 1 Surakarta baik yang tinggal di asrama maupun siswa regular.

Acara ini diselenggarakan selama dua hari yaitu pada Minggu (13/3) dan Senin  (14/3). Hari pertama pengabdian diisi dengan penyampaian materi tentang mengenal film pendek, proses pembuatan film pendek, peluang dan kru yang dibutuhkan. Di hari kedua, kegiatan dilanjutkan dengan praktek produksi film pendek. Pada hari kedua ini peserta diberi tugas membuat film pendek mulai dari pra produksi, produksi dan pasca produksi.

Leave a Reply

Your email address will not be published.