BeritaPrestasi

Mahasiswa KPI Juara Lomba Short Movie Pekan Raya PDC 2022

Muhammad Abdul Hafizh, mahasiswa prodi Komunikasi dan Penyiaran Islam Fakultas Ushuluddin dan Dakwah Universitas Islam Negeri Raden Mas Said Surakarta angkatan 2019  meraih juara 2 kategori Short Movie Competition 2022 dalam acara Pekan Raya PDC Semarang. Acara tersebut digelar oleh PDC Semarang Raya dari tanggal 1 Februari sampai 6 Maret 2022. Dalam acara tersebut terdapat 4 kategori lomba: short movie, essay, bussines plan, dan desain logo. Peserta yang mengikuti serangkaian lomba tersebut merupakan mahasiswa aktif perguruan tinggi negeri atau swasta yang tercantum sebagai penerima Bidikmisi dan/atau KIP Kuliah se-Indonesia.

 “Awal saya mengetahui perihal lomba ini dari Instagram PDC Semarang Raya. Ketika melihat ada lomba film pendek, saya tertarik untuk mendaftarkan diri. Tentu saja saya tidak sendirian dalam menggarap Film Pendek ini. Saya mengajak beberapa temen mahasiswa bidikmisi dan KIP-Kuliah untuk mewakili FORMASI UIN Raden Mas Said Surakarta dalam acara Pekan Raya PDC Semarang 2022. Ketika mendapatkan informasi pengumuman pemenang lomba di Grup WA, saya terkejut nama FORMASI UIN Raden Mas Said Surakarta tercantum dalam daftar nama pemenang lomba,” ujarnya.

Film pendek berjudul “Berusaha” yang disutradarai oleh Muhammad Abdul Hafizh, mahasiswa KPI, mengangkat kisah seorang perempuan (diperankan oleh Fadila) yang berkeinginan untuk melanjutkan pendidikannya. Namun dihadapkan dengan situasi ekonomi yang sangat sulit untuk merealisasikan keinginan tersebut. Akan tetapi dia memiliki tekad yang kuat untuk mencari informasi seputar beasiswa perkuliahan. Dengan berbagai proses perjuangan yang dilakukannya. Hingga pada akhirnya dia menemukan jalan keluar untuk melanjutkan pendidikan tanpa harus memikirkan situasi ekonomi yang dihadapi.

Lomba film pendek ini mengangkat tema “Creativity, Inovation and Inspiration” dan terdapat beberapa pilihan sub-tema antara lain Kisah Inspiratif Perjuangan Kuliah Meraih Beasiswa KIP-K, Kisah Inspiratif Mahasiswa KIP-K Menggapai Prestasi, Video Kreatif Pengenalan Beasiswa KIP-K, dan Peran Aktif Mahasiswa KIP-K Sebagai Aktivis Kampus. Salah satu panitia lomba, Muqta, mengatakan tujuan dari lomba shot movie ini sendiri adalah untuk memotivasi masyarakat luas adanya bidikmisi bisa membantu pendidikan mereka. Jadi short movie ini adalah ajang memperkenalkan kisah inspirasi anak-anak bidikmisi dan KIP Kuliah dalam memperjuangkan pendidikan. “Dan untuk pesertanya sendiri yang ikut mencakup skala nasional. Bahkan ada yang dari Bengkulu juga kemarin,” tambahnya.

Adapun mahasiswa KPI yang terlibat produksi film ini adalah: Muhammad Abdul Hafizh, Muhammad Bayu Kusumo) dan Fadilatun Nisa.

Leave a Reply

Your email address will not be published.