BeritaMagangMahasiswa

Tingkatkan Kapasitas, Mahasiswa KPI Magang Dua Bulan di Jawa Pos Radar Solo

Pelaksanaan Praktik Pengalaman Lapangan (PPL) mahasiswa KPI dimulai pada bulan Agustus 2021. Mahasiswa memilih tempat magang sesuai konsentrasi masing-masing dan dipandu prodi. Prodi KPI dibagi menjadi tiga konsentrasi yakni Public Relations, Broadcasting dan Jurnalistik.

Terdapat 8 mahasiswa dari konsentrasi Jurnalistik yang memilih magang di Jawa Pos Radar Solo. 8 mahasiswa tersebut adalah: Kalesta Ashar, Tia Handayani, Laela Larasati, Hanif Rodhiyah, Zeinita Dwi, Puput Enggar, Annisa Padma dan Novita Anggraini. 8 mahasiswa KPI mulai magang sejak 16 Agustus hingga 30 Oktober 2021.

Selama magang di Jawa Pos Radar Solo, mahasiswa KPI tidak hanya ditempatkan pada posisi jurnalis media cetak saja.  Tetapi mereka juga ditempatkan pada bagian media online milik  Jawa Pos Radar Solo seperti RadarSolo.com dan Instagram Radar Solo. Pada media cetak, dari 8 mahasiswa tersebut ditugaskan di bidang yang berbeda-beda yakni Pendidikan, Politik, Ekonomi dan Kriminal.

“Ilmu yang didapat sangat banyak, di antaranya kita belajar cara wawancara yang benar, bagaimana cara menghubungi narasumber yang baik, pertanyaan seperti apa yang harus diajukan saat wawancara, belajar menulis berita yang sesuai dengan kriteria berita Radar Solo dan lain-lain,” ucap Kalista.

“Kesan magang di Jawa Pos Radar Solo menyenangkan, karena kita bisa liputan langsung ke lapangan, bertemu banyak pihak mulai dari orang biasa hingga orang penting. Seperti yang bertugas di bidang politik bisa bertemu dengan Wali Kota Solo, di bidang Pendidikan bertemu dengan kepala sekolah dari berbagai sekolah,” sambungnya.

Pandemi Covid-19 tidak menjadi penghalang mahasiswa untuk tetap semangat dalam menjalani masa magang di Jawa Pos Radar Solo. Dibuktikan banyaknya karya mahasiswa KPI yang dimuat di koran cetak serta platform online milik Jawa Pos Radar Solo. Karya tersebut, nantinya digunakan sebagai portfolio untuk bekal di masa yang akan datang. (Tia Handayani)

Leave a Reply

Your email address will not be published.