BeritaMagangMahasiswa

Dalami Public Relations, Mahasiwa KPI Magang di Prokompim Setda Wonogiri

Sebanyak 4 mahasiswa KPI konsentrasi Public Relatios (PR) telah melaksanakan kegiatan Praktik Pengalaman Lapangan (PPL) pada 30 Agustus hingga 30 Oktober 2021 di Protokol dan Komunikasi Pimpinan (Prokompim) Setda Kabupaten Wonogiri. Keempat mahasiswa tersebut adalah: Desi Oktasari, Harcyntia Wahyu A, Alhizah Nurul A, dan Siti Zaida Hanum.

Prokompim merupakan nama baru yang digunakan sejak 2019 untuk menggantikan nama Hubungan Masyarakat (Humas) di sektor Pemerintahan. Prokompim Setda Wonogiri terbagi menjadi tiga bagian di antaranya Sub Bagian Protokol, Komunikasi Pimpinan, dan Dokumentasi Pimpinan.

Seluruh mahasiswa magang ditempatkan di bagian liputan dan pembuatan press release kegiatan Bupati. Pembagiannya: dua mahasiswa magang untuk membantu tugas tim Protokol di lapangan. Jika sehari lebih dari satu kegiatan, maka seluruhnya liputan. Jika tidak, maka digilir di hari berikutnya. Hasil rilis kemudian dikirim ke bagian Komunikasi Pimpinan untuk kemudian disunting dan dimasukkan di website Wonogiri atau sebagai arsip.

Adapun kegiatan lainnya adalah pembuatan e-kliping harian dari koran cetak Solopos, Jawa Pos Radar Solo, dan Suara Merdeka. Pada tahap awal, dilakukan scan foto menggunakan aplikasi dan dijadikan pdf, dilanjutkan dengan upload di drive dan website e-kliping Wonogiri. Selanjutnya yaitu bagian surat-menyurat, mulai dari menerima, mengisi buku agenda, disposisi, mengantarkan surat kepada dinas yang dituju, dan sebagainya. (Desi Oktasari)

Leave a Reply

Your email address will not be published.