Empat mahasiswa Program Studi Komunikasi dan Penyiaran Islam (KPI) UIN Raden Mas Said Surakarta, yakni Aqila Tazkia Nafsa, Anggi Puspa Wijayanti Wiaz, Anisa Pratiwi Nurhayati, dan Safira Aulia Rahmah, berhasil lulus tanpa harus membuat skripsi. Mereka meraih gelar sarjana dengan membuat artikel ilmiah yang dipublikasikan di jurnal-jurnal ilmiah nasional yang terindeks moraref & Sinta sebagai pengganti skripsi.

Keempat mahasiswa tersebut berhasil mempublikasikan artikel dengan topik dakwah dan komunikasi. Anggi dan Safira menulis tentang strategi dakwah, sementara Anisa membahas strategi branding di era digital, dan Aqila mengkaji tentang komodifikasi anak dalam konten Youtube. Artikel-artikel mereka tersebut berhasil dipublikasikan pada beberapa jurnal ilmiah nasional yang terindeks moraref & Sinta.

Program Lulus Tepat Waktu yang diluncurkan prodi KPI pada bulan September tahun lalu telah memberikan kontribusi positif pada keberhasilan empat mahasiswa ini. Melalui program ini, mahasiswa didorong untuk mempublikasikan artikel ilmiah sebagai salah satu syarat kelulusan selain skripsi. Hal ini juga didukung oleh pihak kampus yang memfasilitasi mahasiswanya untuk lulus jalur jurnal ilmiah.

Koordinator Prodi KPI, Joni Rusdiana memberikan apresiasi kepada keempat mahasiswa tersebut dan menyatakan bahwa di era digital saat ini, mahasiswa harus mampu menghasilkan tugas akhir yang dapat dipublikasikan pada jurnal ilmiah. Dengan demikian, karya mereka dapat diakses dan dibaca oleh khalayak yang lebih luas. Keberhasilan empat mahasiswa ini memberikan inspirasi bagi mahasiswa lainnya untuk menghasilkan karya ilmiah yang dapat dipublikasikan di jurnal-jurnal ilmiah nasional. Selamat kepada keempat mahasiswa tersebut atas prestasinya!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *