Empat artikel ilmiah yang ditulis oleh mahasiswa Program Studi Komunikasi dan Penyiaran Islam (KPI) UIN Raden Mas Said Surakarta berhasil berhasil terbit di jurnal ilmiah nasional. Keempat artikel yang mengangkat topik dakwah dan komunikasi tersebut terbit pada jurnal ilmiah nasional yang terindeks moraref dan sinta. Keempat artikel tersebut merupakan hasil penelitian lapangan baik di dunia nyata maupun maya.

Anggi Puspa Wijayanti Wiaz dan Safira Aulia Rahmah membahas kajian mengenai strategi dakwah pada topik dakwah. Dalam tulisannya, Anggi menuliskan artikel berjudul “Dongeng sebagai Media Dakwah” yang membahas tentang bagaimana dongeng dapat menjadi media dakwah yang tepat dan menarik untuk pembelajaran Islam di kalangan anak-anak. Sementara Safira menulis artikel berjudul “The Da’wa Strategy Of @Ngajiasik.Id Community” yang membahas tentang strategi dakwah komunitas hijrah anak muda @ngajiasik.id melalui konsep dakwah yang asik, tidak monoton, dan dinamis dipadukan dengan konsep virtual melalui media sosial.

Anisa Pratiwi Nurhayati dan Aqila Tazkia Nafsa membahas kajian mengenai strategi branding di era digital pada topik komunikasi. Anisa menuliskan artikel berjudul “Solopos Media Group Branding Strategy Through The Solopos Goes To Campus Program” yang membahas tentang strategi branding Solopos melalui event Solopos Goes to Campus sebagai media massa yang dekat dengan anak muda. Sementara Aqila menulis artikel berjudul “Children’s Commodification on Baim Paula’s YouTube Channel” yang membahas tentang komodifikasi anak dalam kanal YouTube Baim Paula.

Koordinator Prodi KPI, Joni Rusdiana memberikan apresiasi kepada keempat mahasiswa tersebut karena berhasil mempublikasikan artikel pada jurnal ilmiah nasional. Ia mengatakan bahwa di era digital ini, mahasiswa harus bisa menghasilkan outcome tugas akhir yang dapat dipublikasikan pada jurnal ilmiah. Menurutnya, dengan dipublikasikan pada jurnal ilmiah, karya tersebut akan bisa diakses dan dibaca oleh khalayak yang lebih luas.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *