BeritaMahasiswaPrestasi

Mahasiswa KPI Sabet Best Paper dan Best Presenter Dalam ICIS 2022

Mahasiswa Program Studi (Prodi) Komunikasi dan Penyiaran Islam (KPI) berpartisipasi dalam International Conference on Islam and Society (ICIS) yang diselenggarakan oleh Fakultas Ushuluddin dan Dakwah (FUD) UIN Raden Mas Said Surakarta, Selasa (30/8), bertempat di Syariah Hotel Solo. Dalam gelaran ini, sejumlah mahasiswa KPI turut menjadi panelis dalam artikel ilmiah yang dipresentasikan, bersama para akademisi lainnya di bidang Studi Islam dan Ilmu Sosial. Selain itu, mahasiswa KPI ini juga memperoleh penghargaan sebagai best presenter dan best paper dalam presentasinya.

Mereka adalah Safira Aulia Rahmah, Aqila Tazkia Nafsa, dan Muhammad Bayu Kusumo, yang menjadi presenter dan turut berpartisipasi dalam perhelatan 2nd ICIS. Masuk dalam sub topik Panel 1 mengenai Da’wa, Communication, and Digital Transformation, Safira mengusung tulisan mengenai Strategi Dakwah virtual akun Instagram @ngajiasik.id dalam upaya meningkatkan kepercayaan publik. Menurutnya, komunikasi hijrah @ngajiasik.id menjadi komunitas hijrah yang menarik untuk diteliti karena komunitas ini menyasar pada target utama pemuda serta konsep mengenai dakwah yang tidak monoton ataupun menjemukan. Dengan demikian, strategi dakwah yang diusung oleh komunitas @ngajiasik.id menjadi menarik untuk dikaji lebih lanjut.

Selain Safira, Aqila bersama Bayu menulis tentang komodifikasi media dalam saluran Youtube Baim Paula. Dalam tulisannya, Aqila dan Bayu merujuk pada Youtube channel Baim Paula pada edisi Shabira Alula (Lala) sebagai bahan kontennya. Aqila dan Bayu mengkaji bahwa kreativitas dan inovasi dalam konsep kreator konten saat ini memang diperlukan, tetapi lebih jauh, hal ini bukan berarti tidak mendatangkan masalah. Salah satunya pada konten yang mengikutsertakan Lala, Youtube channel Baim Paula mengindikasikan adanya komodifikasi anak-anak sebagai bahan konten yang dibuat sehingga hal ini secara tidak langsung menjadikan adanya bentuk eksploitasi terhadap anak.

Acara ICIS 2022 berjalan selama sehari penuh dan dilaksanakan dalam dua sesi utama. Sesi pertama adalah seminar internasional bersama para pembicara, dan sesi kedua merupakan sesi diskusi yang terbagi menjadi 3 panel room. Adapun kegiatan ini dilaksanakan secara hybrid, yakni luring dan daring.

Gelaran ICIS 2022 dibuka secara langsung oleh Rektor UIN Raden Mas Said Surakarta, Prof. Dr. H. Mudofir, S.Ag., M.Pd. Konferensi ini secara khusus juga mendatangkan pembicara dari luar negeri, University of Naples “L ’Orientale”, Luigi Sausa, serta Prof. Dr. Phil. Sahiron, M.A dari UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta. Selain partisipasi aktif dari mahasiswa KPI, konferensi internasional yang kali kedua dilaksanakan ini juga melibatkan salah satu dosen KPI, Rhesa Zuhriya Briyan Pratiwi, M.I.Kom. sebagai chair dalam pelaksanaan panelnya. (RZB)

Leave a Reply

Your email address will not be published.