BeritaMahasiswaPrestasi

Kembali Ukir Prestasi, Mahasiswa KPI Juara Lomba News Anchor

Fadilatun Nisa, mahasiswa KPI FUD UIN Raden Mas Said Surakarta, meraih juara satu lomba news anchor dalam COMMOFEST (Communication Movies Festival 2020) X PFF (Pekan Festival Forkomnas KPI Jateng-DIY). COMMOFEST X PFF ini digelar oleh HMPS KPI UIN Raden Mas Said yang berkolaborasi dengan Forkomnas KPI Jateng-DIY dengan tema “Kreatif, Kolaboratif, Kompetitif”. Lomba news anchor ini diselenggarakan secara offline di Rumah Revolusi Mental WCS, Mojogedang, Karanganyar pada 28 Mei 2022. Pemenang lomba di COMMOFEST X PFF ini diumumkan bersamaan dengan penutupan acara pada 29 Mei 2022. Tujuan diadakannya lomba ini tak jauh berbeda dari tema acara yang diangkat, yaitu untuk menumbuhkan kekreativan mahasiswa, membentuk kolaborasi yang mempererat silaturrahmi, dan menumbuhkan jiwa kompetitif.

Peserta dari lomba news anchor ini terdiri dari Perguruan Tinggi Agama Islam (PTAI) se Jateng-DIY. Fadila mengangkat berita tentang tembok Benteng Keraton Kartasura yang jebol belum lama ini. Ia memaparkan berita tersebut sebagai hard news dan sebagai berita utama. Sumber yang Ia cari merupakan laman yang terpercaya dan antimainstream, juga observasi langsung ke lokasi kejadian. Ia menjelaskan selain unsur berita, mimik, intonasi, artikulasi, dan penampilan adalah poin penting yang harus diperhatikan.

Salah satu motivasi Fadila mengikuti kompetisi ini adalah untuk mengoptimalkan kemampuannya. “Walaupun lomba news anchor ini merupakan pengalaman pertama saya, tapi saya tampil all out untuk mengoptimalkan salah satu kemampuan yang masih tersembunyi dalam diri saya. Saya juga mencoba keluar dari zona nyaman, apalagi dengan konsentrasi yang saya pilih, yaitu jurnalistik. Saya kira ini akan menjadi langkah awal sebagai prosesnya,” tutur Fadila.

Leave a Reply

Your email address will not be published.