Sejumlah mahasiswa Prodi Komunikasi dan Penyiaran Islam (KPI) dari Uin Raden Mas Said Surakarta telah merasakan manfaat besar dari pengalaman magang mereka di Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Kota Surakarta. Dalam upaya memahami dunia kerja secara langsung, mahasiswa KPI semester 6 ini menjalani magang selama 2 bulan, mulai dari tanggal 7 Agustus hingga 7 Oktober 2023.

Magang adalah bagian penting dari program pendidikan di Uin Raden Mas Said Surakarta. Hal ini diterapkan agar mahasiswa dapat mengintegrasikan ilmu yang telah mereka pelajari di dalam kelas ke dalam dunia kerja yang sebenarnya. Selain itu, mereka juga dapat memahami sistem kerja profesional secara langsung.

Jody Pamungkas, salah satu mahasiswa yang mengikuti program magang ini, mengungkapkan pengalamannya, “Selama melaksanakan kegiatan magang di Dinas Kebudayaan dan Pariwisata, saya mendapat banyak pengalaman dan wawasan baru yang sebelumnya belum pernah didapatkan lewat kegiatan kampus. Disini saya juga bisa mempraktekkan teori yang sudah saya pelajari di Universitas.”

Alni Cahyani, mahasiswa magang lainnya, juga sangat antusias dengan pengalaman magangnya. Dia berharap dapat terlibat dalam berbagai event dan lebih memahami tata kelola pariwisata dan kebudayaan di Kota Surakarta. Alni berpendapat, “Memang masih banyak PR untuk kebudayaan dan pariwisata Surakarta dari sektor pemberdayaan fasilitas, SDM, maupun dari segi pemasarannya/branding agar masyarakat umum lebih mengenal lagi tentang kebudayaan dan pariwisata di kota Surakarta. Pesan saya agar lebih mengedepankan tradisi-tradisi keraton, kebudayaan yang ada di Surakarta untuk dilestarikan agar menjadi daya tarik wisatawan mancanegara maupun domestik.”

Fadia Khoirunnisa, salah satu peserta magang lainnya, juga merasa sangat beruntung. “Kesan saya selama magang di Dinas Pariwisata yaitu mendapatkan pengalaman yang menyenangkan dan berharga, karena dapat mengikuti dan mendokumentasikan event-event akbar secara langsung yang diselenggarakan di Kota Surakarta,” ujarnya.

Magang ini membuktikan pentingnya pengalaman langsung dalam mengaplikasikan pengetahuan akademik ke dalam dunia kerja. Dengan harapan mereka bisa membantu mengembangkan dan melestarikan kebudayaan dan pariwisata Kota Surakarta, mahasiswa KPI Uin Raden Mas Said Surakarta terus memperkaya pengalaman mereka melalui program magang ini.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *