Program Studi Komunikasi dan Penyiaran Islam (KPI) UIN Raden Mas Said Surakarta mengadakan pelatihan menulis artikel berita dan opini pada Sabtu (11/3) di SMA Al Muayyad Surakarta. Acara ini diikuti oleh 30 siswa SMA Al Muayyad Surakarta yang bertujuan untuk meningkatkan literasi siswa serta melatih kemampuan menulis artikel berita dan opini.

Acara pelatihan ini merupakan program rutin tahunan dalam acara pengabdian kepada masyarakat yang dilakukan oleh dosen Prodi Komunikasi dan Penyiaran Islam. Para dosen yang terlibat dalam program pengabdian masyarakat adalah Agus Sriyanto, S.Sos., M.Si., Dr. Hj. Kamila Adnani, M.Si., Dr. Muhammad Fahmi, M.Si., Dr. Lukman Harahap, S.Ag., M.Pd, dan Syafawi Ahmad Qadzafi, S.S., M.A. Pelatihan menulis artikel ini juga melibatkan mahasiswa KPI yang berpean sebagai pendamping.

Tema pengabdian masyarakat kali ini adalah “Meningkatkan Literasi Siswa Melalui Penulisan Artikel Berita dan Opini.” Ketua pelaksana pengabdian masyarakat sekaligus Koordinator Prodi KPI UIN Raden Mas Said Surakarta, Joni Rusdiana, menjelaskan bahwa acara pelatihan ini diselenggarakan dilatarbelakangi oleh kondisi literasi masyarakat Indonesia yang rendah bahkan buruk. Joni menjelaskan bahwa saat ini literasi Indonesia berada pada peringkat 62 dari 70 negara.

Dalam acara pelatihan ini, para peserta diajak melakukan praktek membuat artikel berita dan opini dengan bahan data-data dari koran Solopos edisi Sabtu (11/3). Acara pelatihan ini menghadirkan dua pembicara yaitu Agus Sriyanto dari dosen KPI, dan Abu Nadhif redaktur pelaksana Solopos sekaligus alumni KPI. Pada sesi pertama, Agus Sriyanto menyampaikan perbedaan artikel berita dan opini serta cara membuatnya. Sedangkan pada sesi kedua, Abu Nadhif mengajari para peserta bagaimana cara menulis artikel berita dan opini.

Setiap peserta mendapatkan koran Solopos edisi Sabtu (11/3) sebagai bahan untuk mencari data. Selanjutnya setiap peserta diminta membuat artikel berdasarkan data-data yang telah didapatkan. Acara pelatihan ini juga dihadiri oleh Wakil Dekan Bidang Akademik dan Kelembagaan Fakultas Ushuluddin dan Dakwah UIN Raden Mas Said Surakarta, Kamila Adnani, serta Kepala Sekolah SMA Al Muayyad Surakarta, Suranto, yang memberikan sambutan.

Menurut Kamila Adnani, kegiatan seperti ini sangat penting untuk meningkatkan literasi masyarakat terutama siswa. Dengan melatih kemampuan menulis artikel berita dan opini, para siswa diharapkan dapat memahami dan mengkomunikasikan informasi dengan baik. Sementara itu, Suranto selaku Kepala Sekolah SMA Al Muayyad Surakarta mengucapkan terima kasih atas terselenggaranya acara pelatihan ini.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *