Dosen Program Studi Komunikasi dan Penyiaran Islam (KPI) Fakultas Ushuluddin dan Dakwah (FUD) UIN RM Said Surakarta melaksanakan program pengabdian kepada masyarakat di SMA Al Muayyad Surakarta pada Sabtu (11/3). Kegiatan ini diselenggarakan oleh para dosen KPI dengan anggota tim yaitu: Rhesa Zuhriya B.P, M.I.Kom., Mei Candra Mahardika, S.Sos., S.E.I., M.A., Eny Susilowati, S.Sos., M.Si, dan Dr. Zainul Abas, M.Ag. Program pengabdian masyarakat ini bertema “Pelatihan Public Speaking melalui Podcast” dan diikuti oleh 30 siswa SMA Al Muayyad Surakarta dari kelas 10 dan 11. Kegiatan ini bertujuan untuk melatih kemampuan public speaking siswa, terutama melalui podcast.

Program pelatihan dilaksanakan dalam dua sesi. Sesi pertama diisi dengan pemberian materi mengenai public speaking dan podcast. Materi tersebut diberikan oleh para dosen KPI kepada para peserta. Sedangkan pada sesi kedua, para peserta diajak untuk melakukan praktek public speaking pada podcast. Pada sesi kedua ini, para peserta dibagi menjadi tiga kelompok dan diberi tugas untuk membuat script naskah yang selanjutnya dibacakan seperti penyiar podcast.

Program pelatihan ini juga melibatkan beberapa mahasiswa KPI sebagai pendamping terutama pada sesi latihan. Mahasiswa yang terlibat dalam pengabdian masyarakat ini adalah mereka yang tergabung dalam Permata TV dan radio Radeka Fm. Mahasiswa ini berperan sebagai pendamping pada sesi latihan public speaking agar para peserta bisa memahami dan menerapkan materi yang telah diberikan.

Para peserta sangat antusias mengikuti program pelatihan ini. Mereka sangat antusias dalam mempraktekkan public speaking pada podcast. Mereka juga senang bisa belajar langsung dari para dosen KPI dan mahasiswa KPI. Para peserta juga berharap bisa terus belajar dan mempraktekkan kemampuan public speaking di masa yang akan datang.

Program pengabdian masyarakat ini dinilai sangat bermanfaat bagi para siswa SMA Al Muayyad Surakarta. Selain mendapatkan ilmu baru, para peserta juga bisa melatih kemampuan public speaking mereka melalui podcast. Program pengabdian masyarakat ini juga dapat menjadi inspirasi bagi sekolah-sekolah lain untuk menyelenggarakan program serupa agar siswa dapat mengembangkan kemampuan public speaking yang lebih baik lagi.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *