BeritaHMPS

HMPS KPI gelar Musyawarah Besar ke-IX

Rabu, 23 November 2022 Himpunan Mahasiswa Program Studi Komunikasi dan Penyiaran Islam (HMPS KPI) melaksanakan Musyawarah Besar (MUBES) ke-IX dengan mengusung tema, “Mewujudkan Regenerasi yang Inovatif Menuju Organisasi yang Unggul”. Kegiatan ini diselenggarakan oleh Panitia Khusus Senat Mahasiswa Fakultas Ushuluddin dan Dakwah yang bertempat di Aula gedung FUD UIN RM Said Surakarta. MUBES IX HMPS KPI 2022 dihadiri oleh 28 peserta penuh yang berasal dari mahasiswa KPI tiga angkatan terakhir dengan sistem keterwakilan, dua orang dari masing-masing kelas. Disamping itu, hadir pula peserta tidak penuh yaitu pengurus HMPS KPI 2022 dan mahasiswa KPI selain perwakilan kelas, serta peserta peninjau dari SEMA-F, DEMA-F, PANSUS, dan Demisioner HMPS KPI.

Kegiatan ini terdiri dari tiga agenda utama yaitu pembahasan AD/ART, GBHO, dan rekomendasi HMPS KPI, pengesahan laporan pertanggungjawaban dan pendemisioneran pengurus HMPS KPI periode 2022, serta pemilihan ketua umum HMPS KPI periode 2023. MUBES tahun ini memiliki target yang ingin dicapai yaitu, setiap pengurus HMPS KPI mampu berpartisipasi dalam berbagai proker dengan lebih maksimal, memegang erat komitmen yang telah diambil sebelumnya sehingga iklim organisasi yang sehat di HMPS KPI dapat terbentuk, serta mampu memahami AD/ART, dan GBHO HMPS KPI dengan baik.

MUBES IX HMPS KPI 2022 dibuka oleh pembawa acara pada pukul 09.00 WIB. Kegiatan ini diawali dengan kesepakatan kontrak forum dan sidang Tata Tertib yang dipandu oleh Mujibulloh dan Yolachika selaku pimpinan sidang sementara. Setelah itu, pembahasan AD/ARD, GBHO, dan Rekomendasi dipimpin oleh Yusuf Ali Ghozali (KPI 2021) dan Asti Khusnul Chotimah (KPI 2020) selaku pimpinan sidang tetap yang dipilih dari dan oleh peserta penuh melalui mekanisme votting terbuka. Pembahasan berjalan dengan lancar dan cukup dinamis.

Selanjutnya, sesi penyampaian laporan pertanggungjawaban (LPJ) disampaikan oleh ketua umum HMPS KPI 2022, Anisa Pratiwi dengan didampingi oleh badan pengurus harian dan para kepala bidang. Pada sesi tanya jawab dan penilaian terhadap LPJ, peserta penuh memberikan pandangan umum dan beberapa kritik serta masukan untuk perbaikan HMPS KPI kedepannya. Pengesahan LPJ dan pendemisioneran pengurus HMPS KPI 2022 dilakukan dengan pembacaan surat keputusan SEMA-FUD yang diwakili oleh Dimas Alfian, dan Nur Halimah.

Memasuki agenda terakhir sekaligus yang paling ditunggu-tunggu dalam MUBES IX HMPS KPI 2022, yaitu pemilihan ketua umum HMPS KPI periode 2023. Tahun ini, Galuh Surya Pamungkas menjadi calon tunggal yang mendaftarkan diri untuk melanjutkan estafet kepemimpinan di HMPS KPI. Sempat terjadi ketegangan saat pembahasan mengenai mekanisme pemilihan dan berkas pendukung calon ketua umum HMPS KPI. Peserta penuh mengganggap ada beberapa mekanisme yang janggal dan berkas yang mal-administratif. Suasana makin panas tatkala Dimas, selaku pimpinan sidang saat itu tersulut emosi dan menggunakan nada tinggi saat memimpin jalannya sidang. Peserta penuh juga sempat terlibat adu argumen dengan peserta peninjau yang berasal dari SEMA-FUD dan DEMA-FUD. Pengurus HMPS KPI 2022 selaku peserta tidak penuh dalam forum tersebut juga beberapa kali memberikan keterangan untuk mengklarifikasi pertanyaan yg dilomtarkan oleh peserta penuh dan peserta peninjau.

Akibat forum yang mengalami deadlock, banyak peserta penuh dan peserta tidak penuh yang melakukan aksi walkout karena merasa kecewa dengan sikap yang diambil oleh pimpinan sidang. Sidang akhirnya di skorsing selama 2×15 menit karena tidak memenuhi quorum untuk pengambilan keputusan. Meskipun berjalan cukup alot dan diwarnai aksi penolakan, akhirnya sidang dilanjutkan dengan penetapan Galuh Surya Pamungkas sebagai Ketua Umum HMPS KPI periode 2023 melalui sistem aklamasi. Selanjutnya sidang ditutup dengan pembentukan tim formatur dan sesi serah terima jabatan oleh demisioner ketua umum HMPS KPI 2022 kepada ketua umum HMPS KPI 2023. Semoga dapat mengemban amanah dengan baik serta merealisasikan ide serta gagasan yang telah dijanjikan sebelumnya.

Leave a Reply

Your email address will not be published.