BeritaMagang

Mahasiswa KPI Magang di RRI Surakarta

Lima mahasiswa KPI FUD UIN Raden Mas Said Surakarta melaksanakan kegiatan magang di RRI Surakarta selama dua bulan. Kegiatan magang dimula padai tanggal 22 Agustus hingga 30 Oktober 2022. Mahasiswa yang magang di RRI Surakarta, yaitu Joko Samudro, Salwa Yunanda, Rahma Hakim Al-Ahmad, Ramadhani Nur Cahya dan Aditya Margatama.

“Kami selama magang di RRI Surakarta, mendapatkan banyak pengalaman dan pengetahuan di antaranya bagaimana menyusun suatu naskah drama radio serta membuat berita singkat Radio yang dibagi menjadi 2 jenis, yaitu umum dan olahraga. Bahkan disana kami juga ditugaskan untuk mewawancarai masyarakat sekitar untuk menjadi narasumber,” ujar Ramadhani.

Menurut Hakim banyak hal dan kegiatan yang mengesankan selama magang di RRI Surakarta. “Selama magang di RRI saya dan teman-teman kerap ditugaskan di kegiatan serta event-event tertentu untuk mencari narasumber serta meliput kegiatan tersebut, selain mendapat pengalaman kami juga dapat hiburan.”

Mahasiswa magang terbagi menjadi 2 sesi penempatan, pada bulan pertama mahasiswa UIN Raden Mas Said di tempatkan dalam tim penyiaran, dan bulan kedua pada tim pemberitaan. Dalam pelaksanaan kegiatan magang, tak hanya Mahasiswa UIN Raden Mas Said yang melaksanakan kegiatan magang di RRI, tetapi ada juga beberapa mahasiswa kampus lain yang turut melaksanakan kegiatan magang di sana antara lain mahasiswa dari kampus UGM, UIN Salatiga dan juga Unisri.

RRI memberikan beberapa tugas  awal mahasiswa dalam mengoprasikan dan kegiatan dalam keradioan. Adapun beberapa kegiatan yang di berikan antara lain, membuat dan mengecek laporan harian, membuat rundown acara, membuat resep makanan yang nantinya akan digunakan untuk konten memasak, membuat dialog percakapan wanita inspirasi dan mengikuti drama radio. Dalam tim pemberitaan lebih banyak diberi tugas lapangan seperti wawancara masyarakat sekitar terkait apa yang menjadi topik pada hari itu, mengikuti acara serta melakukan wawancara dan merangkumnya dalam berita, dan melakukan siaran langsung di lapangan.

Leave a Reply

Your email address will not be published.