BeritaMagang

Magang di Radio Suara Ngawi

Tiga orang mahasiswa KPI FUD UIN Raden Mas Said Surakarta magang di Dinas Komunikasi dan Informatika  kabupaten Ngawi selama dua bulan (08 Agustus-08 Oktober 2022). Mahasiswa yang magang di Dinas Komunikasi dan Informatika  adalah: Isrofi Muqhsid, Suryanto, dan Alwi Husain mereka ditempatkan di Radio Suara Ngawi selama magang.

“Radio Suara Ngawi ini berada di bawah naungan dinas komunikasi dan informatika kabupaten Ngawi. Ada banyak hal yang saya pelajari selama magang di Radio Suara Ngawi, di antaranya adalah belajar membaca berita  yang baik dan mudah dipahami oleh para pendengar, belajar membuat flayer Instagram, belajar mengoperasikan aplikasi Broadcasting yaitu Vmix, belajar menggunakan cool edit, dan mensetting tempat untuk acara poadcast, serta mengikuti event besar kabupaten ngawi yaitu Ngawi Night Spectacular. Saya juga belajar membuat iklan layanan masyarakat dan langsung disiarkan di radio suara ngawi.”

Isrofi mengaku mendapatkan banyak ilmu selama magang di Radio Suara Ngawi, terutama saat menjadi penyiar radio langsung. Ia belajar hal-hal penting yang perlu dipersiapkan sebelum siaran. tata cara menyampakan informasi dengan intonasi yang baik, songs played yaitu kita harus tahu atau menyiapkan lagu yang akan diputar selama siaran. Current Affairs  kita sebagai penyiar hendaknya mencari berita-berita actual, termasuk event, berita local,berita nasioanal bahkan internasional, tata cara saat membaca berita dengan baik. Ia juga  menyebut rasa kekeluargaan dari pihak kantor begitu baik. Itu membuatnya nyaman magang di Radio Suara Ngawi.

“Setelah magang, saya merasa jadi lebih disiplin. Juga, lebih tertantang lagi ingin menjadi penyiar radio yang profesioanal,” pungkas isrofi.

Suryanto, yang juga magang di Radio Suara Ngawi, menyatakan hal yang sama. “Saya magang mendapatkan banyak ilmu selama magang di Radio Suara Ngawi, awalnya saya dibimbing, tapi akhirnya saya bisa menjalankan aplikasi broadcasting yaitu Vmix dan cool edit sendiri tanpa bantuan. Saya menjalankan aplikasi vmix dan cool edit disaat live streaming youtube dengan acara ngawi inspirasi. Radio Suara Ngawi benar-benar memberi kesempatan dan membimbing anak-anak magang dengan baik, sesuai dengan cara kerja di Radio Suara Ngawi. Jadi magang di sana benar-benar seperti orang yang sedang bekerja,” terang Suryanto.

Alwi Husain mengatakan “Selama magang di Radio Suara Ngawi saya belajar banyak tentang dunia siaran radio. Di sana saya banyak belajar hal yang sebelumnya belum pernah saya pelajari misalnya, melakukan siaran langsung bersama penyiar-penyiar senior yang ada di radio suara ngawi, bertemu narasumber pejabat daerah, belajar mengedit template yang akan dipasang di aplikasi vmix, dan masih banyak lagi. Selain belajar hal baru saya juga mendapat pengalaman yang berkesan ketika diberi kesempatan mengoperasikan aplikasi vmix untuk acara berita Indonesia live.

Leave a Reply

Your email address will not be published.