BeritaMagang

Mahasiswa KPI Magang di Dinas Pariwisata Kabupaten Bantul

Sejumlah empat orang mahasiswa Universitas Islam Negeri Raden Mas Said Surakarta melaksanakan magang di Dinas Pariwisata Kabupaten Bantul. Kegiatan Magang ini dilakukan selama 2 bulan mulai pada tanggal 22 Agustus 2022 sampai 24 Oktober 2022. Mahasiswa merupakan semester 7 dari program studi Komunikasi Penyiaran Islam dengan konsentrasi Broadcasting. Mahasiswa yang magang di Dinas Pariwisata Kabupaten Bantul yakni Siti Mubaroh, Ajeng Setyaningrum, Muhammad Farhan Taufiqurrahman, dan Sandy Kurnia Putra.

“Sangat Banyak ilmu yang saya dapat saat magang di Dinas Pariwisata Kabupaten Bantul. Saya di tempatkan di bidang Pemasaran dan saya bisa belajar tentang mengelola media sosial milik Dinas Pariwisata Kabupaten Bantul. Kita juga belajar tentang produksi konten ( podcast, pembuatan video kreatif, dokumentasi acara ) sampai editing pasca produksi,” tutur ajeng

Ada banyak hal yang didapatkan saat magang di Dinas Pariwisata Kabupaten Bantul misalnya belajar tepat waktu saat bekerja, belajar manajemen file sehabis produksi, mengelola dan merawat barang untuk produksi, tetap sopan terhadap karyawan kantor.

Muhammad Farhan , juga menyatakan ” magang di Dinas Pariwisata Kabupaten Bantul adalah hal yang berkesan bagi saya, saya di amanahi untuk membuat script konten tentang ekonomi kreatif di kabupaten bantul, konten itu berisi tentang indahnya karya- karya tangan ciptaan bantul yang terdapat di tiga daerah yaitu di Desa Wisata Gerabah Kasongan, kerajinan tangan di Desa Wisata Krebet dan batik tulis di Kampung Batik Giriloyo Kabupaten Bantul.

Selama melaksanakan magang di dinas Kabupaten Bantul Mahasiswa juga ikut serta menjadi media di acara – acara besar yang dibuat oleh Dinas Kabupaten Bantul. Acara tersebut adalah Festival Kuliner Mataram 2022 dipantai Laguna Depok , Keroncong Pesisiran Mataram di Pantai Samas , Symphony Gumuk Pasir di Gumuk Pasir , Festival Lampion di Pantai Widuri dan Masih banyak lagi acara-acara meriah lainnya.

Magang di Dinas Pariwisata Kabupaten Bantul juga menjadi pengalaman mental yang berharga buat mahasiswa seperti liputan dengan Bupati Bantul H. Abdul Halim Muslih dan wakilnya diacara besar di Bantul, wawancara dengan Kepala Dinas Pariwisata Bantul, wawancara dengan musisi Woro Widowati dan Maulana Adrsiansyah, Membuat Podcast dengan Kepala Dinas Kebudayaan Kabupaten Bantul.

Leave a Reply

Your email address will not be published.