BeritaMagang

Mahasiswa KPI Magang di Humas Balai Besar Wilayah Sungai Bengawan Solo

Mahasiswi Program Studi Komunikasi dan Penyiaran Islam (KPI) angkatan 2019 Fakultas Ushuluddin dan Dakwah Jurusan Dakwah dan Komunikasi melaksanakan magang di Bagian Humas Balai Besar Wilayah Sungai Bengawan Solo dengan jumlah dua orang mahasiswi dari Universitas Islam Negeri Raden Mas Said Surakarta yaitu Dianina Faizah dan Lina Inas Mufidah. Mereka melaksanakan magang selama dua bulan yang terhitung pada tanggal 05 September 2022 sampai dengan 05 November 2022. Lokasi magang yang ditempatkan di Humas Balai Besar Wilayah Sungai Bengawan Solo yang merupakan Instansi Pemerintah yang terletak di Solo Jl. Solo – Kartasura Km. 7, Pabelan, Kartasura, Sukoharjo, 57169, Jawa Tengah, Indonesia.

Selama kegiatan Pengalaman Praktik Lapangan Magang berlangsung, Mahasiswi magang melaksanakan bagian tugas sesuai dengan arahan yang  berikan oleh humas Balai Besar Wilayah Sungai Bengawan Solo. Diantaranya peserta magang ditugaskan pada pengelolaan akun resmi sosial media berupa Instagram, pelaksanaan dokumentasi,  pengelolaan surat, peliputan berita, pembuatan konsep podcast, penyalinan data checklist, serta merekap data surat. Pada bagian pengelolaan akun sosial media Instagram, mahasiswi ditugaskan untuk memberikan caption pada postingan instagram menurut tema peringatan tanggal, Seperti : Senin optimis, hari buruh nasional, hari kesaktian pancasila, hari tani nasional, Dirgahayu TNI ke-77. serta pemberian hastag yang sesuai dengan arahan.

Selain melaksanakan kegiatan di dalam ruangan, mahasiswa juga sesekali melaksanakan kegiatan diluar ruangan diantaranya mengunjungi salah satu proyek yang sedang dibangun oleh Balai Besar Wilayah Sungai Bengawan Solo. disitu mahasiswa dituntut untuk bisa melakukan peliputan berita dan melakukan dokumentasi selama kegiatan itu berlangsung. Selain itu, dua mahasiswi KPI yakni Dianina dan Lina juga diberikan tugas untuk menjadi bagian dokumentasi dan meliput berita di acara BBWS Bengawan Solo di beberapa hotel. Selama proses kegiatan magang tugas yang diberikan dikerjakan secara bergantian menyesuaikan dengan kondisi event. Selain meliput berita dan dokumentasi, mereka juga membuat rekap data surat masuk dan keluar, juga membuat surat balasan dari Balai Besar Wilayah Sungai Bengawan Solo.

Menurut Dianina Faizah “banyak hal yang dapat saya pelajari selama magang di bagian humas balai besar wilayah sungai bengawan solo, karena menurut saya masih banyak ilmu yang tidak saya dapatkan selama kuliah namun, saya dapatkan ketika melaksanakan magang di bagian Humas BBWS Bengawan Solo. Selain karena ilmu dan pengalaman bermanfaat yang saya dapatkan, saya juga mendapatkan kenyamanan di lingkungan kantor tempat saya melaksanakan magang yakni pegawai bagian humas yang merupakan satu ruangan dengan saya dan rekan magang saya. Saya merasakan bahwa diruangan humas banyak sekali energi positif yang di salurkan oleh mereka, menurut saya mereka sangat friendly dan perhatian kepada teman-temannya serta juga kepada saya dan rekan magang saya.” Papar Dianina.

Dianina mengaku bahwa ia sangat senang dan terkesan karena ia mendapatkan banyak pengalaman serta ilmu baru yang tidak ia dapatkan selama kuliah, salah satunya adalah membuat konsep podcast dan merekap data surat dan masih banyak lagi yang menurutnya sangat bermanfaat untuk menjadi penambah ilmu pengetahuan. Karena selain di berikan tugas, ia juga langsung diajarkan dan di bimbing oleh bagian humas Balai Besar Wilayah Sungai Bengawan Solo.

Selain Dianina, Lina yang merupakan rekan magangnya selama melaksanakan kegiatan magang di Bagian Humas Balai Besar Sungai Bengawan Solo juga berpendapat bahwa banyak sekali ilmu yang bisa di ambil selama magang di humas Balai Besar Wilayah Sungai Bengawan Solo berlangsung “menurut saya, ada beberapa ilmu yang saya dapatkan selama magang di humas balai besar wilayah sungai bengawan solo”. Tutur Lina.

Kesan baik juga Dianina rasakan selama magang yang merupakan diluar pembahasan tugas selama magang yakni lingkungan sekitar yang sangat berpengaruh dalam hal kenyamanan selama dianina melaksanakan magang. Selain itu Dianina juga menyebut bahwa rasa kekeluargaan dari pihak kantor begitu baik. Itu membuatnya nyaman magang di Bagian Humas Balai Besar Wilayah Sungai Bengawan Solo.

Leave a Reply

Your email address will not be published.