BeritaMagang

Mahasiswa KPI Magang di Diskominfo Karanganyar

Lima mahasiswa KPI FUD UIN Raden Mas Said Surakarta magang di Dinas Komunikasi dan Informatika (Diskominfo) Kabupaten Karanganyar selama dua bulan tepatnya pada tanggal 16 Agustus sampai 17 Oktober 2022. Lima mahasiswa tersebut adalah, Arif Wiyono, Muhammad Adin Prasetyo, Voni Pitaloka, Shilkhana Angga Wijayanti dan Rahanetha Asfhahani. Pada kesempatan magang ini mereka di tempatkan di bagian Informasi Komunikasi Publik (IKP).

“Banyak sekali yang bisa saya pelajari selama magang di Diskominfo Kabupaten Karanganyar, diantaranya saya belajar menulis press release, dimana dalam proses pembuatan press release saya terjun langsung ke lapangan dan mencari informasi terkait kegiatan yang sedang berlangsung itu,” Tutur Voni.

Tidak hanya membuat press release saja namun juga mengemas informasi kegiatan ke dalam bentuk audio visual. Ketika ada kegiatan atau agenda bupati pasti ada press release dan juga bentuk audio visual yang nantinya di upload pada channel YouTube Diskominfo Kabupaten Karanganyar. “Ketika ada agenda bupati, di hari itu juga saya harus bisa membuat satu video berita yang siap upload di hari itu juga dan enaknya di sana adalah perlengkapan dan peralatan yang memadai mulai dari kamera yang bagus, PC yang mendukung jadi saya bisa semangat membuat videonya,” tutur Arif.

Begitu banyak pengalaman yang didapat ketika terjun ke lapangan untuk mencari informasi dan dokumentasi. “Saat liputan untuk angle pengambilan footage pun harus diperhatikan betul supaya nantinya bisa menghasilkan kualitas video yang baik untuk dilihat masyarakat dan juga ketika mengambil foto dokumentasi tidak bisa di sembarang tempat, misalnya ketika dalam suatu ruangan ada bapak bupati ketika kita mau mengambil foto audiens jangan sampai kita membelakangi bapak bupati jadi kita harus mencari tempat yang pas,” tutur Adin.

“Saya juga belajar menjadi voice over talent dimana dalam membaca naskah harus memperhatikan intonasi, artikulasi dan volume suara agar audio visual nya bisa didengar dengan dengan baik oleh khalayak,” tutur Shilkhana

“Saya dan teman-teman banyak mengucapkan terimakasih kepada rekan-rekan Diskominfo Kabupaten Karanganyar yang selama dua bulan ini mau mendampingi kami dan memberikan ilmu baru sehingga kami tau dunia kerja yang tidak hanya membutuhkan paham materi tetapi harus ada action, kerjasama tim, mengatur waktu dan kedisplinan,” tutur Netha.

Leave a Reply

Your email address will not be published.