BeritaMagang

Mahasiswa KPI Magang di TATV

Lima orang mahasiswi Prodi Komunikasi dan Penyiaran Islam konsentrasi broadcasting, Fakultas Ushuluddin dan Dakwah, UIN Raden Mas Said Surakarta magang di Terang Abadi Televisi (TATV) beralamatkan di Jl. Brigjend Katamso No. 173, Kelurahan Mojosongo, Kecamatan Jebres, Kota Surakarta. Mereka magang selama dua bulan, terhitung sejak tanggal 2 Agustus – 2 Oktober 2022. Mahasiswi tersebut diantaranya, Jenifer Angel Vernanda, Muthii’ah Maftuh Emananda, Nabila Salma Khairunnisa, Natasya Septiyani, dan Aisyah Prasetyawati.

“Saya mendapatkan banyak pelajaran dan pengalaman baru. Saya jadi melek informasi karena setiap hari saya harus mencari berita apapun yang sedang terjadi di Indonesia maupun mancanegara. Saya juga menjadi tahu bagaimana suasana saat di kantor yang mana benar-benar mendukung untuk produktif karena setiap orang fokus dengan pekerjaannya masing-masing. Tidak ada mengobrol yang berlebihan dan tidak berisik juga,” kata Jenifer.

Menurut Natasya, banyak hal yang dapat dipelajari dari kegiatan PPL. Ia jadi tahu aplikasi apa saja yang digunakan dalam proses editing berita, teknik apa saja dan bagaimana proses yang dilakukan untuk mengedit suatu berita menjadi suatu video yang menarik. Tidak hanya itu, Ia juga banyak mempelajari hal-hal baru mengenai dunia kerja, seperti bagaimana harus bersikap saat bertemu atasan, bagaimana sikap yang harus diambil dalam menghadapi kendala saat bekerja, dan banyak pengalaman lain yang bermanfaat.

 “Ada banyak hal yang saya dapat, seperti bagaimana cara menyusun berita yang baik dan benar. Dan belajar mengenai jenis-jenis berita yang layak untuk ditayangkan contohnya ketika ada berita tentang pembunuhan atau sesuatu yang vulgar harus disensor karena menyangkut privasi seseoramg dari berita tersebut. Lalu mengenai tanda baca yang benar dalam menyusun berita seperti titik, koma, tanda kurung dan lainnya,” ucap Muthii.

Sedangkan menurut Nabila, magang di TATV terasa menyenangkan dan berkesan terutama di bagian editor news. Di divisi ini, mereka diajarkan cara mengedit video berita menggunakan adobe premier pro dan membuat thumbnail menggunakan aplikasi adobe photoshop. Dari yang sebelumnya mereka tidak terlalu lancar menggunakan aplikasi tersebut, kini jadi lebih mengerti bagaimana menggunakannya.

Leave a Reply

Your email address will not be published.