BeritaMagang

Mahasiswa KPI Magang di Lingkar Media Group

Lima orang mahasiswa KPI FUD UIN Raden Mas Said Surakarta magang di Lingkar Media Group selama dua bulan (10 Agustus-10 Oktober 2022). Mahasiswa yang magang di Lingkar Media Group adalah: Nur Halimah, Sukmawati, Ismi Ajizah, Ferlinda Rusdiana, Arlinda Maya Septianingrum. Mereka ditempatkan di Pati selama magang.

“Ada banyak hal yang saya pelajari selama magang di Lingkar Media Group, di antaranya adalah belajar menulis artikel yang baik dan mudah dipahami oleh para pembaca, belajar menulis script VO serta mengimplementasikannya dalam bentuk suara. Saya juga belakar mencari berita langsung terjun di lapangan. Belajar menulis berita berdasarkan hasil liputan dan mengedit video lewat aplikasi di HP,” tutur Nur Halimah.

Menurut Halimah banyak hal mengesakan selama magang di Lingkar Media Group “Karena saya bukan orang Pati asli, awalan ketika liputan sering salah jalan. Selain itu, saat wawancara narasumber terkadang tidak mau dimintai informasi. Sering kali juga kehabisan ide mau liputan kemana, apalagi terkait liputan wisata kuliner,” ujarnya.

Halimah mengaku mendapatkan banyak ilmu selama magang di Lingkar Media Group, terutama saat liputan langsung. Ia belajar hal-hal penting yang perlu dipersiapkan sebelum liputan, tata cara mengambil gambar dengan sudut yang pas, tata cara saat wawancara dengan narasumber. Ia juga  menyebut rasa kekeluargaan dari pihak kantor begitu baik. Itu membuatnya nyaman magang di Lingkar Media Group.

“Setelah magang, saya merasa jadi lebih disiplin. Juga, lebih tertantang lagi ingin menjadi wartawan,” pungkas Halimah.

Arlinda Maya, yang juga magang di Lingkar Media Group, menyatakan hal yang sama. “Saya magang menjadi wartawan di Lingkar TV, awalnya saya dibimbing, tapi akhirnya saya bisa liputan sendiri tanpa bantuan. Saya liputan di dinas, polres, dll. Setiap harinya saya mencari berita atau kasus yang ada disana. Kemudian wawancara dan mengambil visulanya (untuk televisi) dan menulis berita yang didapat. Biasanya jam 3 sore tugas tersebut sudah dikumpulkan. Selain menjadi wartawan, dari pihak Lingkar TV memberi saya wadah untuk menjadi talent di acara Napak Tilas. Lingkar benar-benar memberi kesempatan dan membimbing anak-anak magang dengan baik, sesuai dengan cara kerja di Lingkar TV. Jadi magang di sana benar-benar seperti orang yang sedang bekerja,” terang Arlinda.

Kesan baik juga datang dari Ferlinda. “Selama magang di Lingkar Media Group saya ditempatkan di divisi media online. Di sana saya banyak belajar hal yang sebelumnya belum pernah saya pelajari misalnya, melakukan liputan, bertemu narasumber pejabat daerah, bagaimana mencari sumber informasi yang cepat dan tepat, dan masih banyak lagi. Selain belajar hal baru saya juga mendapat pengalaman yang berkesan ketika diberi kesempatan meliput rapat paripurna  di gedung dewan perwakilan rakyat daerah Pati, di sana saya bertemu banyak wartawan dari berbagai media lain. Dengan bertemu banyak wartawan dari media lain, membuat wawasan saya bertambah. Saya juga diberi kesempatan untuk meliput kuliner dan tempat wisata atau bersejarah di Pati. Ketika meliput tempat bersejarah saya bertemu narasumber Pak Ragil Haryo, beliau merupakan sejarawan Pati yang sangat open minded. Senang sekali bisa magang di Lingkar,” papar Ferlinda.

Leave a Reply

Your email address will not be published.