BeritaMagang

Mahasiswa KPI Magang di Humas DPR RI

Annisa Choirunnisa mahasiswi semester 7 Fakultas Ushuluddin dan Dakwah, UIN Raden Mas Said Surakarta berkesempatan magang di Bagian Humas dan Pengelolaan Museum Setjen DPR RI selama dua bulan, terhitung sejak 01 Agustus hingga 30 September 2022. Ini merupakan kali pertama mahasiswi KPI konsentrasi Public Relation magang di Instansi Pemerintahan Dewan Perwakilan Rakyat Republik Indonesia yang terletak di Gedung Nusantara III Lantai 1, Jl. Jenderal Gatot Subroto, Senayan Jakarta, 10270. Bagian pengelola sosial media Humas Setjen DPR RI terbagi menjadi tiga di antaranya Edukasi Parlemen, Pejabat Pengelola Informasi dan Dokumentasi (PPID), Museum, dan Tiktok.

Selama melaksanakan PPL, peserta ditempatkan pada bagian pengelolaan media sosial TikTok yang kontennya berisi tentang pengetahuan Edukasi Parlemen DPR RI, Ada Apa di Museum DPR RI (AADM), seputar PPID (PALAFORSI), Informasi Seputar DPR RI (INSIDER), dan Viral Seputar DPR RI. Terkait pembagian jadwal magang dan PIC Mentor disesuaikan dengan kelompok masing-masing yang sudah dibentuk oleh pegawai, dibimbing langsung oleh Kepala Sub Bagian Humas dan Pengelolaan Museum Setjen DPR RI guna mempelajari tugas serta fungsi kehumasan DPR RI.

Peserta melaksanakan empat kegiatan kehumasan diantaranya membuat konten TikTok secara tim sebagai kegiatan utama, membuat Table Of Content, membuat Weekly Report, mengadakan Workshop, menjadi pendamping saat kegiatan kunjungan edukasi perlemen, mengikuti rapat via zoom bersama pegawai dan membantu input data E-monev. Fungsi dari pembuatan konten adalah untuk menyebarkan informasi secara luas, valid kepada seluruh khalayak umum dan meningkatkan citra positif instansi dalam bijak bermedia sosial. Hingga akhir magang sudah ada 31 konten yang diproduksi dan sampai bisa tembus FYP, peningkatan viewers dan followers. Total peserta magang yang lolos seleksai berjumlah 18 orang mahasiswa dari berbagai macam universitas dan program studi. Walaupun dari kampus yang berbeda, para mahasiswa tetap bekerjasama dengan baik.

“Magang di Humas dan Pengelolaan Museum Sekretariat Jenderal DPR RI sangat menyenangkan. Banyak relasi dan pengalaman yang bisa didapatkan. Bahkan hal-hal baru yang belum kita ketahui tentang DPR RI. Selama magang, saya dan teman-teman diajarkan serta dibimbing dengan banyak hal, mulai dari cara mengelola sosial media, mendampingi kunjungan edukasi parlemen tingkat pelajar ataupun mahasiswa hingga ikut terlibat dalam sebuah event workshop. Magang di sana relevan dengan teori-teori komunikasi yang telah diajarkan di kampus. Saya sangat bersyukur sekali karena bisa magang di instansi pemerintahan yang luar biasa”, ujar Annisa.

Sebelum magang berakhir pada Rabu, 28 September 2022 seluruh peserta magang bersama pegawai Humas dan Pengelolaan Museum Setjen DPR RI turut serta dalam acara workshop yang diselenggarakan secara offline oleh seluruh mahasiswa magang Batch 6 bertemakan “Level Up Your Social Media Skill (Guide To Be Content Creator)” dengan audiens berjumlah 65 orang meliputi pegawai pengelola sosial media Sekretariat Jenderal DPR RI, staff Humas dan panitia. Anisa diamanahi untuk menjadi Sekretaris Workshop dan membuat laporan singkat.

“Saya mendapatkan banyak wawasan dan pengalaman yang berharga selama magang. Semoga mahasiswa KPI angkatan berikutnya bisa magang di Humas DPR RI,” tutur Anisa.

Leave a Reply

Your email address will not be published.