BeritaMagang

Mahasiswa KPI Magang di Gibran TV

Aniza Fitrianingrum, mahasiswa KPI FUD UIN Raden Mas Said Surakarta magang di Gibran TV, milik Gibran Rakabuming Raka yang merupakan Walikota Solo.  Aniza magang selama dua bulan, sejak 15 Agustus hingga 15 Oktober 2022. Mahasiswa KPI yang magang di Gibran TV ini ditempatkan di Loji Gandrung yang merupakan rumah dinas walikota Solo.

“Banyak hal yang dapat saya pelajari selama magang di Gibran TV, di antaranya belajar memanajemen waktu ketika ada tugas liputan melebihi 1 even, bagaimana bersikap kepada pejabat ketika bertemu, cara mengedit  video liputan berita itu seperti apa, cara pengambilan video liputan seperti apa, juga cara mencari celah untuk mendapatkan relasi,” tutur Aniza

Ada banyak hal yang selalu diperhatikan Aniza ketika magang yaitu bagaimana cara menajemen file agar tetata rapi apabila saat proses masuk ke dapur editing sehingga editor mudah dalam memilih file yang tersedia. Mengamankan file agar tidak hilang adalah salah satu hal yang terpenting setelah adanya liputan. “Keamanan file Gibran TV lebih penting daripada kehilangan barang milik pribadi,” ujarnya sambil tertawa.

Menurut Aniza banyak hal mengesakan selama magang di Gibran TV “Karena saya belum pernah mengambil video dan mengedit video liputan maka dari itu saya belajar banyak hal mengenai proses liputan itu seperti apa, dan dari situ lah saya merasa dekat dengan banyak artis, penyanyi apabila adanya liputan konser musik dan merasa dekat juga dengan para pejabat nomor 1 di Indonesia yaitu Ibu Iriana istri dari bapak Presiden Indonesia Joko Widodo, dengan membawa id card Gibran TV selalu mendapatkan tempat yang exclusive setiap adanya acara di Kota Solo,” terangnya.

“Setelah magang, saya menjadi tahu bahwa bekerja di televisi itu menyenangkan dan menantang. Juga belajar bahwa sebuah pekerjaan haruslah diselesaikan secepat mungkin, seprofesional mungkin,” pungkas Aniza.

Leave a Reply

Your email address will not be published.