BeritaHMPS

Diskusi Konsentrasi 2022, Saatnya Mahasiswa KPI Menentukan Pilihan

Sabtu (15/10), 163 Mahasiswa prodi Komunikasi dan Penyiaran Islam UIN Raden Mas Said Surakarta angkatan 2021  mengikuti kegiatan diskusi konsentrasi yang bertempat di JLM. Kegiatan yang dimulai pukul 08.30 ini mengundang sejumlah pemateri yang mengisi acara inti, di antaranya Muhammad Iqbaal selaku pemateri Public Relation, Ramurti  Mardika selaku pemateri Broadcasting dan Abu Nadhif selaku pemateri Jurnalistik. Acara diawali dengan pembukaan dan pembacaan ayat suci Al-quran, serta dipandu oleh moderator, Risky Aulia yang juga tercatat sebagai Mahasiswi KPI angkatan 2021.

Koordinator Prodi KPI, Abraham Zakky Zulhazmi turut hadir dalam kegiatan ini. “Sebelum memilih konsentrasi, pastikan kita sudah memahami passion kita. Ikuti passion. Jangan sekadar ikut-ikut teman,” ucap beliau. Selaku Koordinator Prodi KPI, Abraham Zakky menyampaikan bahwa kegiatan ini sangat penting untuk diikuti, karena akan menentukan jalan ke depannya sampai lulus kuliah. 

Penyampaian materi yang pertama yaitu oleh Abu Nadhif mengenai dunia Jurnalistik. Beliau menceritakan sukanya menjadi jurnalis, salah satunya diajak keluar negeri secara cuma-cuma. Beliau juga membahas tentang berita yang sedang trending. “Video dan info-info mengenai Lesti dan Risky billar belum tentu benar terjadi, adanya jurnalistik dalam menulis berita, berfungsi menangani hal yang menyimpang tersebut,” tutur Abu Nadhif.

Usai pemateri pertama maju, dilanjut oleh Muhammad Iqbaal yang menyampaikan mengenai serba serbi Public Relation. Menurutnya menjadi seorang PR itu menyenangkan serta membutuhkan pribadi yang supel dan berani, akan banyak masalah yang dihadapi. “Gapapa MC dijadikan pekerjaan, selagi bisa mengembangkan passion yang kita punya,” ucap beliau.

Sesuai dengan keahliannya, Ramurti Mardika menyampaikan mengenai seluk beluk Broadcasting. “Konten itu sebenarnya ada banyak, tapi yang bagus hanya beberapa,” ucapnya. Broadcasting dapat mengasah dan melatih keterampilan dalam hal tersebut. Beliau juga menyampaikan 5 keutamaan mahasiswa, diantaranya : membaca, menulis, kuliah, berbicara dan portofolio.

Sesi penyampaian materi berlangsung dengan seru, para mahasiswa nampak antusias. Hal itu terlihat ketika sesi tanya jawab, banyak pertanyaan yang dilontarkan para mahasiswa kepada pemateri. Closing statement dari para pemateri mengakhiri diskusi konsentrasi yang diadakan mahasiswa KPI angkatan 2021. “Jangan lelah berbuat baik, di jurnalistik anda punya peluang untuk berbuat baik,” ucap Abu Nadhif. “Pilih konsentrasi yang diinginkan hati, karna sesusah apapun nanti akan punya energi untuk menyelesaikan setiap tantangan,” ucap Ramurti. “Teken (punya pegangan), tekun (istiqomah), tekan (sampai),” ucap Iqbal.

Leave a Reply

Your email address will not be published.