BeritaMahasiswa

Gandeng MMTC dan BNSP, FUD Gelar Sertifikasi Kompetensi Bidang Komunikasi dan Informatika Bagi Mahasiswa

Fakultas Ushuluddin dan Dakwah (FUD), UIN Raden Mas Said Surakarta menyelenggarakan kegiatan Sertifikasi Kompetensi Berbasis SKKNI di Bidang Komunikasi dan Informatika bagi mahasiswa, Rabu-Kamis (7-8/9). Kegiatan berlangsung 2 (dua) hari dan tersebar di sejumlah lokasi, sesuai dengan bidang keahlian sertifikasi kompetensi yang telah ditentukan.


Pelaksanaan sertifikasi kompetensi ini diselenggarakan oleh FUD bekerja sama dengan Sekolah Tinggi Multi Media (STMM) MMTC Yogyakarta dan Badan Nasional Sertifikasi Profesi (BNSP). Adapun kegiatan sertifikasi kompetensi ini terbagi menjadi 3 (tiga) kompetensi khusus dalam praktik komunikasi dan multimedia, yaitu: kompetensi Media Relations Officer (MRO), kompetensi video editor, serta kompetensi penulis naskah program siaran televisi.


Ketiga kompetensi bidang praktis komunikasi yang disertifikasi, dipilih sebagai sarana untuk memfasilitasi mahasiswa agar terbuka sekaligus adaptif terhadap perkembangan teknologi dan digitalisasi media. Diharapkan ke depannya, pelatihan sertifikasi kompetensi ini dapat bermanfaat bagi mahasiswa sebagai dokumen pendamping ijazah dan mempermudah mereka saat mencari pekerjaan nantinya.

Pembukaan acara dilaksanakan di gedung FAB lantai 4, dan setelah itu berlanjut untuk menuju ke lokasi masing-masing yang terpisah. Untuk kompetensi MRO dilaksanakan di Aula FUD lantai 2. Kompetensi video editor dilaksanakan di Aula LPM Sambernyowo. Selanjutnya, Aula FAB dan Ruang Sidang Senat, Gedung Rektorat Lantai 1 digunakan untuk pelaksanaan sertifikasi kompetensi penulisan naskah program siaran televisi. (RZB)

Leave a Reply

Your email address will not be published.