BeritaMagang

Monitoring Magang di Salma Radio Klaten

Klaten – Selama dua bulan penuh dari Agustus sampai dengan September, mahasiswa program studi Komunikasi dan Penyiaran Islam (KPI) UIN Raden Mas Said Surakarta akan melaksanakan salah satu mata kuliah praktik yaitu Praktik Pengalaman Lapangan (PPL) atau istilah lainnya adalah magang. Kegiatan ini merupakan mata kuliah wajib yang harus dilaksanakan oleh mahasiswa, dengan tujuan bisa menerapkan dan mengimplementasikan teori selama perkuliahan di dunia kerja atau tempat magang yang dituju. Dengan rentang waktu 2 bulan tersebut, diharapkan mahasiswa mampu untuk bisa belajar secara langsung dengan para praktisi yang sebenarnya tentang dunia kerja yang sesuai dengan bidang keilmuannya. Dimana dalam hal ini, lokasi magang yang menjadi tujuan utama dari program studi Komunikasi dan Penyiaran Islam disesuaikan dengan konsentrasi yang ada, yaitu Broadcasting, Jurnalistik dan Public Relation (Humas). Ketiga konsentrasi tersebut juga akan menjadi dasar penentuan lokasi magang yang akan dituju oleh mahasiswa. Adapun Dosen Pembimbing Lapangan (DPL) merupakan dosen yang diberikan amanat untuk menjadi pendamping mahasiswa selama melaksanakan kegiatan magang. Selain pendamping dari dosen, selama melaksanakan magang, mahasiswa juga akan dibimbing oleh pendamping yang berasal dari lokasi magang itu sendiri. Sehingga secara penilaian akhir, akan dilakukan akumulasi nilai yang berasal dari DPL dan pendamping lapangan.

Salma Radio misalnya, merupakan salah satu radio yang berada di Kabupaten Klaten menjadi tempat magang dari mahasiswa program studi Komunikasi dan Penyiaran Islam dengan konsentrasi broadcasting, yakni Raras Reaning Driya, Fauzan Agung Wijaya, Muhammad Luthfi W dan Wanda Ardianti. Salma Radio dipilih menjadi salah satu lokasi magang dikarenakan secara jarak dekat dengan kampus, dan juga dari beberapa pengalaman banyak mahasiswa KPI yang juga melakukan magang dilokasi tersebut. Adapun untuk DPL pada mahasiswa yang melaksanakan magang di Salma Radio adalah Mei Candra Mahardika, M.A. Kegiatan DPL secara tugas akan melakukan kegiatan penyerahan, monitoring dan penarikan mahasiswa magang.

Penyerahan mahasiswa magang di Salma Radio dilakukan pada hari Senin tanggal 1 Agustus 2022. Dimana dalam kegiatan penyerahan ini, secara simbolik DPL mengantarkan mahasiswa untuk bisa melaksanakan magang di Salma Radio selama dua bulan kedepan. Sebagai perwakilan dari pihak Salma Radio dan sekaligus sebagai pendamping lapangan adalah Bapak Putra. Proses penyerahan ini , DPL juga mengharapkan mahasiswa untuk bisa benar benar melaksanakan kegiatan magang dengan sungguh-sungguh dan menjaga nama baik pribadi, prodi dan lembaga universitas. Sehingga harus bisa beradaptasi dengan lingkungan dunia kerja dan mematuri peraturan yang berlaku.

Kegiatan monitoring dilaksanakan pada hari Selasa tanggal 31 Agustus 2022. Monitoring ini untuk bisa melihat proses kegiatan magang yang dilaksanakan mahasiswa, serta melakukan evaluasi dari masing-masing mahasiswa selama melaksanakan kegiatan magang. Adapun selama melaksanakan kegiatan magang, mahasiswa program studi Komunikasi dan Penyiaran Islam sudah dilibatkan dalam proses program kerja yang ada di Salma Radio seperti melakukan pembuatan iklan, mencari bahan untuk konten pengisian acara di radio, melakukan peliputan acara, menangani teknis dalam proses ON AIR di Salma Radio. Dari pernyataan Bapak Putra selaku pendamping lapangan, bahwa mahasiswa dibekali dan diminta untuk menangani semua divisi yang ada di Salma Radio. Harapannya mahasiswa bisa menguasai dan memahami proses dari hulu sampai hilir dari pelaksanaan program acara di Salma Radio. Selain itu, mahasiswa diberikan kesempatan mempelajari semuanya untuk bisa mendapatkan passion atau kegiatan yang benar benar dikuasai dan diminati oleh mahasiswa tersebut.

Kegiatan terakhir adalah penarikan mahasiswa magang. Penarikan mahasiswa dilaksanakan pada hari Jum’at tanggal 30 September 2022. Penarikan magang ini sebagai simbol atas selesainya dari proses keseluruhan kegiatan Praktik Pengalaman Lapangan (PPL) atau magang di Salma Radio. Dimana kegiatan penarikan ini diharapkan tidak menghentikan juga dari kerjasama dan silaturahmi dari instansi program studi Komunikasi dan Penyiaran Islam dengan Salma Radio. Evaluasi akhir dalam kegiatan penarikan mahasiswa magang turut dilakukan untuk bisa meningkatkan lagi dari proses pelaksanaan magang tahun kedepannya.

Praktik Pengalaman Lapangan (PPL) atau magang di program studi Komunikasi dan Penyiaran Islam menjadi mata kuliah praktik yang bisa memberikan pengalaman langsung kepada mahasiswa untuk mendapatkan pengetahuan dunia kerja dan seluk beluk dunia kerja. Selain itu, dengan kegiatan magang ini bisa menjadi kesempatan bagi mahasiswa dalam mengoptimalkan potensi dan kemampuannya selama melaksanakan magang, sehingga secara tidak langsung bisa mendapatkan pekerjaan di lokasi magang yang dituju.

Leave a Reply

Your email address will not be published.