BeritaHMPS

HMPS KPI Diskusikan Buku Inaya Rakhmani

HMPS KPI FUD UIN Raden Mas Said adakan diskusi buku “Pengarusutamaan Islam di Indonesia; Televisi, Identitas, dan Kelas Menengah” (02/09/2022).  Hadir sebagai narasumber: Dosen Komunikasi Universitas Indonesia sekaligus Direktur Asia Research Center UI, Inaya Rakhmani, Ph.D, bersama Kaprodi Komunikasi Penyiaran Islam FUD UIN Raden Mas Said, Abraham Zakky Zulhazmi, M.A.Hum, dan dosen UIN Salatiga Rifqi Fairuz, M.A.

Kegiatan diskusi buku dilakukan via zoom dan diikuti 150 peserta. Terwujudnya kegiatan ini sebagai follow up MoA antara FUD dan Mizan.

Buku Inaya Rahkmani yang didiskusikan berasal dari disertasi yang ditulis Ketika menempuh studi di Murdoch University, Australia. Menurut Zakky, buku Inaya Rakhmani adalah buku yang kaya data, bahkan sampai detail terkecil. Hal tesebut menunjukkan kualitas buku tersebut. Ia menyebut buku itu adalah contoh sebuah riset bagus yang ditulis dengan tekun.

Tak heran jika Bob Hefner menyebut karya Inaya ini sebagai salah satu dari sedikit buku terbaik tentang studi Indonesia dalam kurun waktu sepuluh tahun terakhir. Semantara itu, Fairuz mengaku tepantik untuk melanjutkan studi (S3) setelah membaca buku Inaya Rakhmani.

Pada sesi tanya jawab muncul banyak pertanyaan menarik. Misalnya: bagaimana masa depan tayangan religi di televisi, ketika penetrasi internet makin kuat. Juga muncul pertanyaan, kenapa sinetron Azab sangat diminati masyarakat dan apa dampak tayangan tersebut. Selain itu, seorang peserta bertanya bagaimana tayangan religi di televisi luar negeri, misal di Timur Tengah atau di Asia, apakah sama riuhnya dengan Indonesia?  

Leave a Reply

Your email address will not be published.