BeritaConferenceDosen

Dosen KPI Presentasikan Paper di ICOSAPS 2022

Abraham Zakky Zulhazmi, dosen KPI FUD UIN Raden Mas Said Surakarta, presentasikan paper pada ajang ICOSAPS 2022 di UNS (4/8/22). Ia menulis paper bersama koleganya di UIN Raden Mas Said Surakarta, yakni M. Zainal Anwar, Abd. Halim dan Nur Rohman. Paper mereka berjudul: Narrative of Religious Moderation in Local Media: How Does Solopos Promote Washatiyah Journalism?

Gagasan Jurnalisme Washatiyah coba mereka kenalkan melalui paper yang menyoroti Solopos tersebut. Solopos menghadirkan rubrik keislaman dan memilih untuk manampilkan Islam rahmatan lil alamin melalui rubrik Khazanah. Mereka menghadirkan konten-konten tentang toleransi, nasionalisme, anti kekerasan dan penghargaan terhadap kearifan lokal. Solopos menampilkan empat penulis dari empat ormas Islam berbeda, yakni dari Nahdlatul Ulama, Muhammadiyah, Majelis Tafsir Alquran dan perwakilan komunitas warga keturunan Arab.

ICOSAPS 2022 membahas isu-isu transformasi di berbagai bidang seiring dengan krisis COVID-19 di dunia. Selama dua tahun pandemi ini, dunia menghadapi banyak perubahan signifikan. Perubahan tersebut berdampak pada berbagai aspek kehidupan, tidak hanya dalam skala kecil dalam kehidupan sehari-hari masyarakat, tetapi juga dalam skala besar yang mengubah struktur sosial masyarakat di dunia global. Kata kunci dalam transformasi ini adalah adaptasi, resiliensi, dan inovasi. Setiap pihak yang terlibat dalam perubahan wajib melakukan penyesuaian agar tidak tertinggal. Aspek penting adalah sejauh mana pihak-pihak ini menghasilkan temuan-temuan baru untuk bertahan di tengah laju transformasi global yang cepat ini.

Dengan fokus pada isu-isu transformasi, ICOSAPS 2022 mempertemukan para akademisi, praktisi, dan pengambil kebijakan dari berbagai disiplin ilmu untuk membahas perubahan di berbagai bidang kehidupan selama masa pandemi COVID-19 dan di masa mendatang. ICOSAPS 2022  diharapkan dapat menjadi media untuk menyebarluaskan hasil penelitian terkait isu-isu perubahan di berbagai bidang termasuk namun tidak terbatas pada sosial, ekonomi, budaya, pendidikan, politik dan pemerintahan, gender, lingkungan, agama, komunikasi, dan hubungan internasional.

ICOSAPS 2022 menghadirkan sejumlah narasumber: Prof. Ann R Tickamyer (Dept. of Agricultural Economics, Sociology & Education Pennsylvania State University, USA), Assoc. Prof. Andy Fefta Wijaya (Faculty of Administrative Sciences Universitas Brawijaya, Indonesia), Assoc. Prof. Minako Sakai (School of Humanities and Social Sciences University of New South Wales Canberra, Australia), Assoc. Prof. Ign Agung Satyawan (Faculty of Social and Political Sciences Universitas Sebelas Maret, Indonesia), Assoc. Prof. Sabariah Mohammed Saleh (School of Media & Communication Studies Faculty of Social Sciences & Humanities Universiti Kebangsaan Malaysia).

Leave a Reply

Your email address will not be published.