BeritaMahasiswaPrestasi

Mahasiswa KPI Juara 1 Lomba Puitisasi Alquran Tingkat Nasional

Bandung cerah pagi itu. Lalu lalang peserta memadati kampus I UIN Sunan Gunung Djati Bandung. Mereka mengikuti pelbagai lomba dalam perhelatan PESONA 2022. Wajah-wajah penuh antusias begitu mudah ditemukan di sana. Sesekali terdengar pekik gembira peraih medali.

Muhammad Iqbal Kurniawan, mahasiswa prodi KPI FUD UIN Raden Mas Said Surakarta, sukses menyabet medali emas pada kategori lomba puitisasi Al-Qur’an pada PESONA 2022 di UIN Sunan Gunung Djati Bandung. Sebelumnya Iqbal juga menjadi juara 1 lomba puitisasi Al-Qur’an pada gelaran Piala Rektor UIN Raden Mas Said Surakarta 2022.

Iqbal mengaku tertarik baca puisi sejak duduk di bangku SD, bermula dari tampil di acara 17-an dan perpisahan sekolah. Lalu mulai ikut kompetisi pertama saat kelas 3 SMP di tingkat Karesidenan Surakarta. Iqbal mulai lebih aktif lagi sejak masuk SMA, mengikuti lomba-lomba Kabupaten, Karesidenan, Jateng-DIY, hingga Nasional.

“Saya belajar membaca dan menulis puisi paling awal adalah dari ayah saya sendiri. Beliau dulu merupakan aktivis Teater Kampus PERON UNS, Juara Satu PEKSIMINAS pada saat itu. Lalu saya mulai melihat-melihat pembacaan puisi dari sastrawan Indonesia. Baik sastrawan senior maupun sastrawan muda. Saya selalu membiasakan untuk membaca puisi sambil berkhayal tampil di depan orang. Dari hal-hal tersebut saya jadi lebih mudah menemukan gaya pembacaan di berbagai jenis puisi,” tutur Iqbal.

Iqbal tidak mampu menyembunyikan kegembiraannya setelah menyabet medali emas di Pesona 2022. “Atas kemenangan ini saya sangat berterimakasih kepada Allah SWT, keluarga saya, sahabat-sahabat saya, pihak kampus, dan diri saya sendiri tentunya,” pungkasnya.

Leave a Reply

Your email address will not be published.