BeritaHMPS

HMPS KPI Adakan Typhotography Class

Merespons minat mahasiswa Komunikasi dan Penyiaran Islam yang cukup besar dibidang fotografi dan typography, HMPS KPI mengadakan Pelatihan Softskill Typhotograpy yang bertempat di Warung Mayan 21 pada 26-27 Februari 2022. Kegiatan ini mendatangkan dua praktisi yang telah expert dibidangnya masing-masing sebagai narasumber dan diikuti oleh 34 mahasiswa sebagai peserta pelatihan.

Pada sesi pertama Ivannovich Aldino, S.Sn.,M.Sn. (dosen dan videographer Brilio.net) menyampaikan materi tentang Photography for Beginner. Beliau menuturkan bahwa, secara umum fotografi dapat diartikan sebagai proses melukis dengan menggunakan media cahaya. Peserta juga diajarkan mengenai teknik pengambilan gambar, sistem kerja kamera, pencahayaan, komposisi, angel, hingga proses editing foto yang bersifat minor. Pada sesi ini, peserta juga berkesempatan untuk hunting gambar secara langsung di area kampus UIN Raden Mas Said Surakarta, yang kemudian hasilnya akan dikurasi langsung oleh narasumber.

“Pada dasarnya seni itu tidak ada yang jelek yang ada hanya kurang baik, maka dari itu asah instuisimu dengan terus berlatih dan jangan berhenti berkarya”, pungkas Ivan.

Pada sesi ke-2 HMPS KPI menghadirkan Sheva Bintang, content creator dan salah satu admin di komunitas “Creative Enthusiast” untuk menjadi narasumber dalam materi Typography. Typography sendiri yaitu seni memilih dan menata huruf pada ruang yang tersedia, untuk menciptakan kesan tertentu bagi pembacanya. Adapun hal penting di dalam Typography yaitu when, where, what, dan watermark. When, kapan foto itu diambil. Where untuk menampilkan dimana foto ini di ambil. What/ apa pesan yang ingin disampaikan dan yang paling utama adalah watermark sebagai penanda kepemilikan karya.

Meskipun dilaksanakan dalam hari yang berbeda dan dengan dua narasumber yang berbeda, tidak lantas mengurangi esensi serta keterkaitan dua materi yang diusung dalam pelatihan kali ini. Justru kedua narasumber yang dihadirkan mampu memberikan berbagai perspektif yang insight full bagi para peserta.

Leave a Reply

Your email address will not be published.