Berita

Pengabdian kepada Masyarakat Prodi KPI, Belajar Membuat Podcast Bersama Radeka FM

Prodi KPI FUD UIN RM Said mengadakan pengabdian masyarakat di MAPK MAN 1 Surakarta, 13-14 Maret 2022. Kegiatan tersebut diadakan oleh tim pengabdi yang beranggotakan: Agus Sriyanto, M.Si, Dr. Hj. Kamila Adnani. M.Si, Abraham Zakky Zulhazmi. MA.Hum, Drs. Muh. Saidun, M.Ag. Kegiatan ini melibatkan mahasiswa pegiat lab Radeka FM yang beranggotakan: Arif Wiyono, Alfian Theo Sheva, Albi Lutfil Hakim, Ramadhan Eka Gandhi, Azizah Nur Khasanah, Burhanudin, Maya Candrasari.

Dalam sambutanya, Abraham Zakky Zulhazmi, koordinator prodi KPI, menyampaikan bahwa belajar podcast adalah cara menjadi kekinian sekaligus menyambut perkembangan teknologi. Sebab, sebagaimana kita lihat di media sosial, podcast makin menjamur. Menurutnya, masa depan podcast akan cerah dan “umurnya” diprediksi akan panjang. Podcast menjadi salah satu ikon Radeka saat ini.

“Radeka memiliki pengalaman dalam dunia podcast cukup lama. Sampai saat ini radeka telah memproduksi lebih dari 50 episode podcast dan berkerja sama dengan banyak lembaga. Bisa dibilang, Radeka adalah salah satu lab yang paling produktif di UIN Surakarta. Saya senang sekali prodi bisa berkolaborasi dengan Radeka dalam program pengabdian masyarakat,” ujar Zakky.

Hari pertama pengabdian diisi dengan penyampaian materi tentang apa itu podcast dan bagaimana cara membuatnya. Podcast dianggap memiliki banyak keunggulan, di antaranya: bisa diakses kapanpun dan dimanapun selama ada perangkat dan koneksi internet, banyak pilihan seperti komedi, dakwah, hiburan, politik. Podcast juga tidak ada iklan, fleksibel bisa  didengarkan sewaktu-waktu, bisa dibuat bisa monolog atau dialog.

Di hari kedua, kegiatan dilanjutkan dengan praktek produksi podcast. MAPK MAN 1 Surakarta telah memiliki studio podcast baru yang cukup memadai. Para siswa peserta pelatihan diminta untuk praktek satu persatu dan mendapat masukan dari pegiat lab Radeka FM. Para pegiat lab mengajarkan soal olah vocal di depan yang baik.

“Pelatihan ini sangat bermanfaat bagi kami para siswa madrasah. Ini menjadi bekal kami untuk mengembangkan minat bakat. Terima kasih Radeka,” tukas Sania, peserta pengabdian.

Leave a Reply

Your email address will not be published.