BeritaHMPS

Dorong Ormawa Lebih Produktif, FUD Selenggarakan Penguatan Kelembagaan Kemahasiswaan

Yogyakarta (05/02) – Fakultas Ushuluddin dan Dakwah (FUD) UIN Raden Mas Said mengadakan kegiatan Penguatan Kelembagaan Kemahasiswaan dengan tema “Menjaga Tradisi Ilmiah dan Akhlakul Karimah” yang diadakan di Pantai Sepanjang, Gunung Kidul, Yogyakarta. Kegiatan tersebut diikuti oleh perwakilan pengurus Ormawa (Organisasi Mahasiswa) dan dihadiri pula oleh jajaran Dekanat serta Koordinator Prodi di lingkungan Fakultas Ushuluddin dan Dakwah (FUD).

Himpunan Mahasiswa Program Studi Komunikasi dan Penyiaran Islam (HMPS KPI) yang diwakili oleh Anisa Pratiwi Nurhayati, Muhammad Iqbal Kurniawan, Siti Muhalifah, Oktavia Nur Wakhidah, Tanti Widiasari, Berlianda Rizky Biantara, Stiana Yasfa Azzahra, dan Ria Putri Utami tak luput ambil bagian dalam kegiatan ini.

“Tradisi pembelajaran yang ada di FUD tidak luput dari penanaman nilai-nilai akhlak, karena ilmu tanpa akhlak bagaikan tong kosong nyaring bunyinya, begitpun sebaliknya,” kata Dekan FUD saat memberikan sambutan.

Dalam kegiatan ini, pengurus Ormawa FUD yang terdiri dari HMPS, DEMA-F, dan SEMA-F mendapatkan materi yang disampaikan oleh Wakil Dekan II Fakultas Ushuluddin dan Dakwah UIN Raden Mas Said, Zaenal Muttaqin, S.Ag., M.A., Ph.D. mengenai Perencanaan Kegiatan Ormawa. Secara garis besar, kegiatan yang diselenggarakan harus berbasis pada Visi dan Misi organisasi, merujuk pada scientific vision setiap Program Studi, serta sesuaikan dengan Roadmap organisasi dan standar POK yang ada.

Pada sesi sharing dan sapa Koordinator Prodi, Anisa Pratiwi selaku Ketua Umum HMPS KPI 2022 menuturkan bahwa meskipun Ormawa berada dibawah garis instruksi Wakil Dekan III namun fungsi koordinasi antara Prodi dengan HMPS harus tetap dijalankan dengan maksimal. Hal ini karena pola komunikasi yang baik akan menciptakan atmosfer organisasi yang sehat. Lalu dilanjutkan dengan Pesan-pesan dari para Kordinator Prodi.

“Pada era digital, kesadaran yang perlu ditumbuhkan oleh pengurus Ormawa adalah kesadaran dokumentasi, kesadaran publikasi, serta kesadaran branding,” ujar koordinator prodi KPI, Abraham Zakky Zulhazmi.

Pesan yang disampaikan oleh Koordinator di 7 Prodi FUD memotivasi agar kita sebagai Mahasiswa terutama yang berkecimpung di organisasi untuk senantiasa aktif, kreatif, dan produktif. Serta Ormawa FUD harus bisa menjaga rasa semangat dan saling bersinergi mendukung sesama Oramawa. Kegiatan Penguatan Kelembagaan Kemahasiswaan 2022 ditutup dengan Outbound sebagai ajang bounding antar Ormawa FUD serta mengasah kemampuan teamwork dan problem solving yang dikemas dalam games games yang menarik. (HMPS)

Leave a Reply

Your email address will not be published.