MagangMahasiswa

Kesan-Kesan Magang PTPN Radio Solo

Senin 2 Agustus 2021 mahasiswa Komunikasi dan Penyiaran Islam (KPI) Universitas Islam Raden Mas Said Surakarta mulai melaksanakan Praktik Pengalaman Lapangan (PPL) atau magang. Magang merupakan momen yang sangat penting dan menjadi langkah awal mahasiswa belajar terjun di dunia kerja.

PTPN Radio Solo menjadi salah satu tempat yang terpilih. Mahasiswa KPI dari berbagai konsentrasi melaksanakan PPL di sini dengan jobdesk yang berbeda-beda. Banyak pelajaran datang dari berbagai jobdesk tersebut. Mulai dari Jobdesk Script Writer yang mengajarkan tentang bagaimana cara menulis script siaran maupun iklan. Jobdesk Music Director yang mengajarkan cara memilih lagu yang sesuai dengan genre PTPN dan membuat playlist yang baik. Jobdesk Multimedia tak kalah banyak pelajaran yang dapat diambil, salah satunya adalah bertanggung jawab menjadikan feed Instagram PTPN menjadi beragam. Hal yang mampu dipelajari juga adalah tentang nilai kedisiplinan yang diterapkan.

Mahasiswa KPI UIN RM Said melaksanakan PPL selama dua bulan, dengan berbagai kesan dan pelajaran. Magang di PTPN Radio membuktikan bahwa bekerja di dunia Radio bisa dari latar belakang apapun selama mempunyai tekad belajar yang serius dan mampu beradaptasi dengan baik.

“Magang di PTPN Radio Solo adalah hal yang baru bagi saya yang berasal dari konsentrasi jurnalistik. Banyak orang yang mengira kalau jurusan jurnalistik itu harus magang di koran. Jadi wartawan, membuat berita, liputan, produksi koran dll. Tapi ternyata jurnalistik tidak hanya di dunia itu saja, bisa di dunia radio. Misalnya, ilmu menulis nanti bisa diterapkan jadi scripwriter-nya penyiar radio, ilmu tanya jawab dengan narasumber nanti bisa diterapkan dengan cara mencoba menjadi penyiar, dsb. Kebetulan saya masuk di bidang multimedia, yang menjadikan feed Instagram radio PTPN menjadi menarik. Terkadang juga saya diajak siaran oleh penyiarnya, diajak kerja bersama tim produksi, diajak  mendokumentasikan kegiatan, bahkan membuat video. Magang di PTPN mengajarkan saya arti kedisiplinan, keaktifan dalam berkomunikasi antar divisi, dan keakraban,” tutur Yuni Firdaus, mahasiswa magang.

“Saya magang di PTPN Radio Solo sebagai Music Director. Awal masuk saya kira magang sebagai music director pasti hanya milih-milih lagu yang bagus dan divisi paling gampang di PTPN. Akan tetapi hal tersebut sangat berbanding terbalik dengan kenyataan, karena saya harus memilah dan memilih lagu yang sesuai dengan genre PTPN, menata lagu yang ritme lagunya itu pas di telinga biar tidak jomplang antara lagu pertama dengan selanjutnya, membuat playlist lagu untuk program radio mulai dari jam 6 pagi sampai jam 11 malam. Kata mentor saya sewaktu magang menjadi Music Director itu bisa diibaratkan seperti kita sedang memasak, menyiapkan bahan sendiri, memasak sendiri, menghidangkan nya sendiri dan kita pula yang menentukan rasa dari masakan tersebut enak atau tidak untuk dimakan orang lain. Dari magang sebagai Music Director juga memberikan saya banyak ilmu terutama bagaimana membuat playlist yang baik, dan cara kontak artis yang akan diajak untuk kerjasama. Magang di PTPN radio juga banyak hal-hal yang menyenangkan karena partner divisi dan teman-teman magang yang sangat baik dan friendly, begitu pula dengan karyawan PTPN,” ujar Alfiana.

“Kesan yang dapat saya sampaikan saat menjalankan tugas magang di PTPN Radio Solo yaitu, menyenangkan dapat bertemu orang orang yang baik dan ramah, membuat saya disiplin dalam mengatur waktu, belajar bertanggung jawab pada tugas yang diberikan, ikut serta menjaga citra baik PTPN Radio Solo dan menjalin hubungan baik dengan banyak orang termasuk teman teman magang dari kampus lain. Dalam divisi Program Director bagian script writer sendiri, masing-masing mahasiswa diberikan tugas rutin untuk membuat naskah siaran atau memberikan informasi terbaru pada beberapa program acara yang terlah ditentukan dan beberapa kali juga diberikan tugas untuk membuat script iklan layanan masyarakat. Beberapa tugas yang telah diberikan, dapat menambah pengalaman dan pengetahuan kami sebagai mahasiswa magang,” kata Fitria.

“Selama magang di PTPN Solo ini yang saya dapatkan adalah bagaimana kepekaan diri dengan sekitar dan juga belajar untuk menyapa orang lain dan memberikan vibes yang baik agar suasana di kantor terasa menyenangkan. Di bulan pertama magang saya belum mengenal siapa-siapa kecuali teman satu divisi, lalu di bulan ke dua baru mulai menyesuaikan dengan beberapa teman lain, seperti marketing dan music director. Dalam proses magang selama 3 bulan ini pengetahuan yang saya dapatkan adalah mengenai bagaimana menulis script, baik itu script siaran ataupun script untuk iklan,” terang Intan.

(Magang PTPN)

Leave a Reply

Your email address will not be published.