MagangMahasiswa

Sembilan Mahasiswa KPI Magang di Protokol dan Komunikasi Pimpinan Setda Klaten

Sembilan mahasiswa  Komunikasi dan Penyiaran Islam UIN Raden Mas Said Surakarta melaksanakan kegiatan Praktik Pengalaman Lapangan (PPL) atau magang dimulai dari bulan Agustus hingga November 2021 bertempat di Protokol dan Komunikasi Pimpinan (PROKOPIM) Setda Klaten. Mahasiswa KPI yang melaksanakan magang di PROKOPIM Klaten merupakan mahasiswa dari konsentrasi Public Relations yaitu Dewi Shiroth Binar Nurani, Amanda Kurnia Sari Khusna, Muhammad Izzul Haq, Mardyan Ahmad Bilal, Amirudin Yusuf Fathoni, Muhammad Ridho Darussalam, Vera Septiana Ningrum, Bima Erlando Ephiano, Shafiyah Al Amiriyah.

Terdapat tiga sub bagian pada PROKOPIM Klaten yaitu sub-bagian Protokol, sub-bagian Dokumentasi Pimpinan, dan juga sub-bagian Komunikasi Pimpinan. Pada sub-bagian Protokol lebih fokus melayani pimpinan terkait urusan protokoler. Sedangkan sub-bagian Dokumentasi Pimpinan berkerja untuk mendokumentasikan kegiatan Bupati dan Wakil Bupati serta memfasilitasi peliputan media dan juga bertanggung jawab untuk mengelola akun media sosial @humaskabklaten. Sub-bagian Komunikasi pimpinan sendiri menjalin hubungan dengan pihak terkait pelaksanaan fungsi juru bicara pimpinan daerah serta memberikan informasi dan penjelasan kepada masyarakat Klaten dan juga bertanggung jawab untuk mengolah Radio Siaran Publik Daerah (RSPD) Kabupaten Klaten.

Pengalaman yang didapatkan selama magang pada sub-bagian protokol teman-teman KPI dapat mengerti tata cara persiapan kegiatan Bupati dan Wakil Bupati karena pada saat magang membantu tim protokol dalam menyiapkan tata tempat, tata acara, dan tata upacara. Pada sub-bagian Dokumentasi Pimpinan mahasiswa magang mendapat pengalaman mendokumentasikan kegiatan Bupati dan Wakil Bupati, dan juga beberapa karya dokumentasi mahasiswa KPI diunggah untuk mengisi konten instagram @humaskabklaten.

Mahasiswa magang PROKOPIM juga menjadi produser pada beberapa talkshow RSPD Klaten. Selain menjadi produser mahasiswa magang KPI UIN Raden Mas Said juga mengisi talkshow RSPD Klaten sebagai host dengan narasumber dari SMPN 4 Klaten pada program serap aspirasi, dan juga Lembaga Perlindungan Anak pada program obrolan serap aspirasi. Dalam rangka memperingati hari sumpah pemuda pada tanggal 28 Oktober, mahasiswa magang juga berkesempatan menjadi narasumber di talkshow obrolan serap aspirasi RSPD Klaten dengan tema “Pemuda Pemudi di Era Digital”. Tayangan talkshow dapat disaksikan di channel youtube rspdfm klaten dan dapat didengarkan di 91,6 RSPD FM Klaten.

Selama 2 bulan magang dari pengalaman dan kegiatan yang diikuti teman-teman dapat mengambil kesimpulan bahwa, secara garis besar tugas dari PROKOPIM adalah melaksanakan penyiapan kebijakan, pengkoordinasian pelaksanaan tugas perangkat daerah, pemantauan dan evaluasi pelaksanaan daerah bidang protokol, komunikasi pimpinan dan dokumentasi.

Leave a Reply

Your email address will not be published.