BeritaMagang

Mahasiswa KPI Magang di Dinas Pertanian dan Perikanan Sukoharjo

Pada bulan Agustus 2021 mahasiswa KPI UIN Surakarta melakukan magang atau praktik kerja lapangan di Dinas Pertanian dan Perikanan Sukoharjo. Magang dilaksanakan 3 mahasiswi, Azizah Nurul Aini, Anggi Riza Anggraini, dan Sabikha Fil Qisthi dari konsentrasi public relation. PPL (Praktik Pengalaman Lapangan) yang dilaksanakan selama  2 bulan berlangsung dari tanggal 9 Agustus – 9 Oktober 2021

3  mahasiswi public relations ditempatkan pada satu posisi yang sama di bidang  penyuluhan. Dan ini merupakan kali pertama mahasiswa  KPI UIN Surakarta melakukan  praktik pengalaman lapangan (PPL)  di Dinas Pertanian dan Perikanan Sukoharjo yang terletak di Jl Muwardi No,  14 Wungusari, Gayam, kecamatan Sukoharjo, Kabupaten Sukoharjo.

Cara kerja bidang penyuluhan tidak hanya satu tempat saja melainkan di desa-desa bersama masyarakat terutama kelompok tani dan kelompok wanita tani (KWT) salah satunya di daerah Tawangsari, Bendosari, Polokarto, dan Nguter. Tentu saja selama melaksanakan magang para mahasiswi mendapatkan banyak pengalaman dan juga ilmu. Dapat mengetahui dan praktek secara langsung bagaimana cara pendekatan terhadap masyarakat terutama di bidang pertanian, serta pemilihan produk pupuk dan benih sayuran yang berkualitas agar panenan petani semakin melimpah. Para  mahasiswa juga mengetahui bagaimana cara berkomunikasi dan membangun hubungan baik kepada masyarakat seperti yang biasa dilakukan oleh PPL (Petugas Penyuluh Lapangan) dalam mendampingi petani untuk cara pengolahan dan cara pemasaran hasil pertanian yang berkualitas tinggi serta menghadapi permasalahan-permasalahan yang ada di lapangan.

Selain itu mahasiswa juga diberikan materi praktek tentang pentingnya branding diri di sosial media dengan tujuan tetap diperhatikan oleh pemerintah dan masyarakat agar dapat membangun kelompok pertanian yang berpengaruh untuk perekonomian

“Senang sekali magang di Dinas Pertanian Sukoharjo selain tambah keluarga, kita juga dituntun agar menjadi seorang komunikator ulung dan PR yang berkualitas dalam berkomunikasi dengan orang lain atau stake holder , tentu saja kita selalu ditekankan tentang pentingnya attitude bermasyarakat,” kata Sabikha.

Di minggu-minggu terakhir magang, dinas pertanian Lembang memberikan pengarahan kepada petugas penyuluh lapangan (PPL) dalam pentingnya stake holder bagi aparatur pemerintah kabupaten Sukoharjo, karena membutuhkan perbaikan yang lebih dan memajukan potensi petani maka dilakukanlah sosialisasi tersebut dengan pengenalan medsos dan media komunikasi  lain bagi petani dan sosialisasi pentingnya publikasi bagi PPL.

Leave a Reply

Your email address will not be published.