MagangMahasiswa

Dua Mahasiswa KPI UIN Raden Mas Said Surakarta Magang di Perusahaan Produsen Kereta Api Terbesar se-ASEAN

Praktik Pengalaman Lapangan merupakan mata kuliah dari Program Studi Komunikasi dan Penyiaran Islam yang wajib di tempuh oleh mahasiswa Komunikasi dan Penyiaran Islam angkatan 2018. Dimana menjadi sebuah langkah awal untuk terjun secara langsung serta mengasah keterampilan mahasiswa sesuai dengan konsentrasi masing-masing (Public Relations, Broadcasting, Jurnalistik) dalam sebuah instansi. Hal ini menjadi pengalaman baru bagi mahasiswa Komunikasi dan Penyiaran Islam khususnya konsentrasi Public Relations dalam menekuni bidangnya serta menerapkan teori-teori yang telah di dapatkan sewaktu perkuliahan, salah satunya dengan magang di PT Industri Kereta Api dengan posisi Sekretariat Perusahaan.

Terdapat 2 mahasiswa yang memilih lokasi magang pada sebuah instansi Badan Usaha Milik Negara (BUMN) produsen kereta api pertama dan terbesar di kawasan Asia Tenggara (ASEAN) ini, yaitu Juliana dan Fiensha Invadeira Maulanie Kusuma. Banyak hal yang telah di dapatkan dalam proses magang pada PT INKA, dimana mahasiswa di tuntut untuk kreatif dalam pengelolaan sosial media dalam meningkatkan engangement rate. Perlu diketauhi bahwa saat ini Public Relations harus cakap dan melek teknologi dalam pelayanan informasi publik salah satunya dengan pembuatan konten.

“Belajar mengenal dunia kehumasan secara langsung di perusahaan ini dengan ditemani banyak sahabat-sahabat dari universitas lainnya, menciptakan relasi yang luas dan pengalaman dari berbagai bidang oleh peserta magang yang lain, contohnya pada mahasiswa bidang teknik, keuangan, tata kelola, sumber daya manusia dan lain sebagainya,” ujar Juliana.

Adapun kedua mahasiswa tersebut membuat konten yang menjadi hasil dari kegiatan PPL yaitu konten INKAPEDIA. Konten tersebut merupakan sebuah postingan berisi informasi mengenai kereta api yang jarang diketahui oleh khalayak. Konten INKAPEDIA telah menghasilkan respons positif dan menghasilkan 2,000 likes hingga saat ini pada Instagram Resmi PT Industri Kereta Api (@pt_inka). Suatu pecapaian yang membanggakan bagi kedua mahasiswa tersebut dapat berkontribusi dalam pengelolaan media sosial resmi PT Industri Kereta Api sekaligus belajar mengenai branding. Adanya project konten tersebut memberikan pemahaman serta pengalaman bagi mahasiswa bahwa seorang Public Relations dituntut untuk kreatif dalam pengelolaan media dimana saat ini teknologi kian maju dan sebuah instansi perlu untuk selalu beradaptasi dengan perkembangan tersebut.

Leave a Reply

Your email address will not be published.