MagangMahasiswa

Belajar Broadcasting, Mahasiswa KPI Magang di TA TV

Praktek Pengalaman Lapangan (PPL) atau biasa disebut dengan magang yang menjadi salah satu mata kuliah wajib bagi mahasiswa program studi Komunikasi dan Penyiaran Islam Universitas Raden Mas Said Surakarta. Karena dilaksanakan di tengah pandemi, pihak kampus menyarankan untuk mencari tempat magang yang tidak terlalu jauh dengan tempat tinggal masing-masing mahasiswa. Sejak Agustus 2021, mahasiswa diharapkan sudah mendapatkan tempat magang yang sesuai dengan konsentrasi (Broadcasting, Jurnalistik dan Public Relations).

Terdapat 4 mahasiswa konsentrasi Broadcasting yang melaksanakan magang di Terang Abadi Televisi (TATV) Solo, tepatnya di Jl. Brigjend Katamso 173 Mojosongo, Solo. Mahasiswa tersebut ialah A’ourika Devi Anastya, Icha Imkasari Aulia Rahma, Mu’adz Haikhal Ardandi Putra dan Muhammad Aziiz Arraafi. Meskipun di satu tempat magang yang sama, tetapi mereka ditempatkan di posisi yang berbeda, A’ourika Devi Anastya, Icha Imkasari Aulia Rahma, dan Mu’adz Haikhal Ardandi Putra di posisi Asisten Produser sedangkan Muhammad Aziiz Arraafi di posisi editor news. Sejak Agustus sampai Oktober 2021, mereka belajar dan mencari pengalaman di TATV Solo.

Mereka memaparkan bahwa ketika magang di TATV Solo di posisi asisten produser menjalankan tugas mulai dari membuat rundown program acara, membuat script program acara sampai membuat program baru, membuat production book serta membantu saat tapping ataupun live program acara. Sedangkan di posisi editor news, seperti hal nya editor yaitu mengedit video produk news, namun di posisi ini lebih sering Work From Home (WFH).

Kelancaran dalam mendapatkan ilmu dan pengalaman di TATV Solo tidak bisa lepas dari adanya Pembimbing Lapangan yaitu Tri Bagus Susilo selaku Produser Program di TATV Solo yang juga alumni prodi Komunikasi dan Penyiaran Islam IAIN Surakarta.

Mereka menjelaskan bahwa ketika magang di TATV Solo dituntut memiliki inisiatif untuk mencari tahu dan kreatif untuk menciptakan program yang menarik. Meskipun begitu, mereka tetap nyaman dan antusias magang di TATV karena dapat bekerja dengan sistem team work. Bekerja dalam tim tidak boleh egois dan harus bisa mendengarkan pendapat orang lain.

“Sangat mengesankan magang di TATV Solo. Tidak hanya mendapatkan ilmu dan pengalaman di dunia pertelevisian, tetapi terasa memiliki keluarga baru, karena crew nya yang ramah-ramah. Kami disini diajarkan banyak hal yang sangat relevan di dunia komunikasi terutama broadcasting serta juga mendapatkan banyak relasi. Terimakasih TATV Solo,” ujar Icha.

Leave a Reply

Your email address will not be published.