BeritaMagangMahasiswa

Belajar Digital Public Relations, Mahasiswa KPI Magang di Monumen Pers Nasional

Empat mahasiswa Komunikasi dan Penyiaran Islam UIN Raden Mas Said Surakarta melaksanakan kegiatan Praktik Pengalaman Lapangan (PPL) atau magang mulai 25 Agustus hingga 26 Oktober 2021 di Monumen Pers Nasional (MPN). Ini merupakan kali pertama Mahasiswa KPI magang di Monumen Pers Nasional yang terletak di Jl. Gajahmada No. 59, Timuran, Banjarsari, Surakarta. 

Mahasiswa yang melaksanakan PPL terdiri dari Ramadhan Ekagandhi Destariyadi, Azizah Nurkhasanah, Maya Candrasari, dan Melinia Della Febrianti. Mereka fokus pada bagian Humas dan Pelayanan Informasi. Divisi ini merupakan divisi yang melaksanakan tugas kehumasan dan pelayanan di MPN seperti pengelolaan media sosial, manajemen pelayanan, branding dan lain-lain.

Kegiatan ini dilaksanakan dalam kondisi PPKM dan Pihak Monumen Pers Nasional tidak membuka pelayanan untuk pengunjung, di bawah arahan pembimbing, mahasiswa magang ditugaskan membuat konten media sosial baik berupa video, foto, desain grafis, content planer, copy writing hingga membuat podcast dengan nama Moncast (Monumen Pers on Podcast) yang tayang di channel Youtube Monumen Pers.  Hingga akhir magang sudah ada 3 Podcast yang diproduksi.

Produksi podcast yang dilakukan staf humas dan mahasiswa magang merupakan kali pertamanya konten podcast ada di akun Monumen Pers Nasional. Tiga episode pertama yang diproduksi bertema pelayanan, di mana episode pertama membahas MonPers keseluruhan, episode kedua membahas perpustakan, dan episode ketiga tentang e-paper.

Setelah buka pelayanan pengunjung, mahasiswa magang ditempatkan juga pada bagian pelayanan front office, pelayanan perpustakaan dan pelayanan e-paper untuk membantu pertugas lain. Tidak hanya dari Mahasiswa  KPI UIN Raden Mas Said Surakarta yang melaksanakan magang, namun juga dari kampus lain seperti UGM, UTY dan UNNES. Walaupun dari berbagai kampus berbeda, mahasiswa magang bisa bekerjasama dengan baik.

“Magang di MonPers sangat seru. Banyak relasi dan pengalaman yang bisa didapatkan. Staf dan pegawainya ramah-ramah. Kita diajari banyak hal, mulai dari cara branding lewat medsos hingga ikut terlibat dalam sebuah event. Magang di sana relevan dengan teori-teori komunikasi yang telah diajarkan di kampus,” ujar Azizah.

Usai magang pada Sabtu, 6 November 2021 Della, Gandhi, Maya, dan Azizah bersama salah satu Tim Humas dan Pelayanan MPN turut serta dalam siaran di Solopos FM pada program Jendela Komunitas. Di program tersebut  membincang mengenai Komunitas  Sobat Monpers yang dibuat Monumen Pers Nasional pada Oktober 2021. (Magang MPN)

Leave a Reply

Your email address will not be published.