BeritaMahasiswa

Mahasiswa KPI Terpilih sebagai Delegasi Indonesia dalam South Korea Y-SDGs Leaders Week 2021

Panji Putra, mahasiswa KPI UIN Raden Mas Said, terpilih sebagai delegasi Indonesia dalam South Korea Y-SDGs Leaders Week 2021. Tahun ini South Korea Y-SDGs Leaders Week 2021 diselenggarakan secara virtual sebagai penyesuaian di masa pandemi. Konferensi ini diselenggarakan pada 17 hingga 23 November 2021. Tujuan dari KTT ini adalah untuk membangun kepercayaan diri  pemuda dalam menciptakan tindakan, meningkatkan keterampilan kepemimpinan dalam pencapaian SDGs dan memfasilitasi kegiatan lintas budaya terutama pertukaran budaya Korea Selatan.

Peserta KTT ini terdiri dari mahasiswa, profesional, pengajar, aktivis, profesor serta pemangku kebijakan. Panji Putra membawa gagasan Sustainable Tourism dalam seleksi yang dilakukan dalam bahasa Inggris. Panji Putra menawarkan ide pengelolaan limbah kawasan desa wisata melalui teknologi larva BSF. Harapannya implementasi teknologi ini dapat mereduksi limbah organik  imbas kegiatan pariwisata sekaligus menciptakan lapangan kerja pula sumber pangan yang baru.

Motivasi utama Panji mengikuti program ini adalah self improvement (pengembangan diri) dan  mengekspresikan ide terkait SGDS. “Saya rasa hal terpenting bagi mahasiswa adalah langkah mengembangkan diri dan aksi nyata menyuarakan gagasan, terutama gagasan untuk menyelamatkan peradaban. Kita masih muda, memiliki semangat, energi dan kapasitas bergerak yang besar. Sudah menjadi tanggung jawab kita untuk mengembangkan diri melalui berbagai aktivitas yang disukai. Terlebih saya mahasiswa bidikmisi, saya bisa kuliah dengan uang negara, jadi jangan sampai sia-sia, itu komitmen saya,” tegas Panji Putra.

Leave a Reply

Your email address will not be published.