BeritaConferenceMahasiswaPrestasi

Gagasan Moderasi Beragama Antarkan Panji Putra Menuju Turki

Panji Putra, mahasiswa KPI UIN Raden Mas Said, menjadi bagian dari International Movement, sebuah program internasional dari NGO Student Leader Academy Indonesia (SLA Indonesia). Program ini memiliki tujuan kolaborasi pemuda Indonesia dan luar Indonesia melalui program-program keilmuan dan sosial, bekerjasama dengan lembaga-lembaga di Turki.  Program ini akan dihelat pada 7-22 Januari 2021, berpusat di kota Istanbul, Turki. Serangkaian programnya yakni conference, campus tour, social project dan persentasi ide. Seleksi terdiri dari seleksi berkas (CV-motivation letter-esai) dan depth interview

Delegasi program ini sejumlah 12 berasal dari berbagai penjuru Indonesia. Panji Putra menjadi satu-satunya wakil dari Provinsi Jawa Tengah sekaligus satu-satunya dari Universitas Islam Negeri Raden Mas Said Surakarta. Pada tahapan seleksi Panji membawa ide terkait moderasi beragama sebagai diplomasi Indonesia. Menurut Panji konsep moderasi beragama dapat menjadi rujukan konkret bagi dunia dalam mengimplementasikan keberagamaan yang berorientasi pada perdamaian dan pelestarian budaya lokal sebagai identitas bangsa.

Selain itu, keikutsertaan Panji dalam program ini sebagai langkah nyata mendukung UIN Raden Mas Said Surakarta untuk go internasional. “Mahasiswa harus berperan aktif mewujudkan UIN Raden Mas Said go international. Melalui partisipasi dalam program internasional, kita bersama berjuang membawa kampus pada peningkatan level. Hal ini bisa dimulai dengan mengubah mindset mahasiswa dari take ke give, artinya mahasiswa harus berpikir: aku yang harus kasih sesuatu ke kampus, bukan apa yang dikasih kampus buat aku,” tutur Panji.

Leave a Reply

Your email address will not be published.