Berita

Ratusan Mahasiswa Ikuti Workshop Kehumasan Prodi KPI

Prodi KPI mengadakan acara Workshop Kehumasan pada 23 September 2021. Acara via zoom tersebut diikuti 300 mahasiswa KPI. Nurudin, M.Si  (Dosen Komunikasi UMM) dan M. Hadi Winarto (Metro TV) didapuk sebagai narasumber kegiatan tersebut.

Kita tahu, dunia komunikasi berkembang pesat seiring perkembangan teknologi. Sejumlah perubahan terjadi sejalan dengan era digital yang pengaruhnya sedemikian kuat. Salah satu yang turut berubah dan menyesuaikan diri adalah ranah public relations (kehumasan). Dinamika kehumasan di era digital menarik dicermati. Hari ini, misalnya, muncul fenomena cyber branding dan cyber public relations. Kerja-kerja kehumasan hari ini tidak sebatas aktifitas offline, namun juga online dengan mengoptimalkan media sosial. Lebih-lebih di masa pandemi sekarang ini, ketika nyaris semua elemen dalam kehidupan umat manusia berubah drastis. Hal tersebut menjadi landasan utama diadakannya workshop kehumasan prodi KPI.

Agus Sriyanto, Kaprodi KPI, menyampaikan dalam sambutannya bahwa kegiatan ini pentiung bagi mahasiswa dan dosen KPI. Mahasiswa dan dosen perlu meng-update wawasan mengenai riset public relations terkini agar terjadi penyegaran pada riset-riset di prodi Komunikasi dan Penyiaran Islam.

Nurudin menjelaskan perkembangan komunikasi terkini, khususnya mengenai perkembangan media sosial. Di satu sisi media sosial memang membawa banyak manfaat, akan tetapi menyimpan banyak persoalan (hoaks, cyber crime, cyber bullying, ujaran kebencian, dll).

Hadi Winarto dari Metro TV menyampaikan tentang tantangan kovergensi. Para praktisi PR dan jurnalis mesti siap dengan perubahan-perubahan yang terjadi di era digital, di mana konvergensi dan disrupsi adalah keniscayaan.

Leave a Reply

Your email address will not be published.