KaryaMahasiswaPrestasi

Alhamdulillah, Mahasiswa KPI Juara 2 Lomba Voice Over Nasional

Amalia Septia Budiyarti, mahasiswa Prodi Komunikasi dan Penyiaran Islam Angkatan 2020, UIN Raden Mas Said Surakarta meraih juara 2 lomba Voice Over Nasional. Lomba tersebut merupakan salah satu dari lomba-lomba yang diadakan oleh HMPS KPI di event KPI’S Day #6. Serangkaian acara dari KPI’S Day #6 ini tidak hanya lomba saja, tapi juga ada Seminar Nasional, dan Talkshow.

Amalia berbagi kisahnya ketika mengikuti lomba. “Ini merupakan kali pertama saya mengikuti lomba voice over. Sebenarnya saya tidak mempunyai basic tentang voice over. Tapi ketika saya melihat pamflet HMPS KPI mengadakan lomba voice over, saya tertarik. Saya mengikuti lomba ini tidak memikirkan ingin menangnya dulu. Urusan menang tidaknya bisa jadi nomor dua, yang penting saya mau cari pengalaman baru di dunia voice over,” tuturnya.

“Akhirnya saya coba baca teks yang sudah disediakan panitia sembari mencari gaya bicara saya, kemudian mengatur intonasi, nadanya, dan power suara. Saya mempelajari dan mencari kecocokan gaya kurang lebih tiga hari, kemudian saya record dengan handphone seadanya,” lanjut Amalia.

Amalia juga bercerita tentang suka duka saat menyiapkan lomba. “Saya harus record berkali-kali sampai hasil yang saya inginkan sudah didapat. Ketika record pasti ada belibet, salah kata, gaya yang saya dapatkan kurang, dan suara-suara lain yang melintas seperti cicak, sepeda motor, dll, intinya belum puas. Akhirnya saya mensiasati untuk record di malam hari yang benar-benar sunyi. “

Pesan Amalia untuk semua mahasiswa KPI: selalu kembangkan bakat dan minat masing-masing.  Karena setiap orang itu pasti punya passion dan kelebihan, tinggal kita mau mengembangkan atau tidak. Setiap mahasiswa hendaknya punya keingingan kuat untuk maju dan berprestasi.

Leave a Reply

Your email address will not be published.