KaryaMahasiswaPermata TV

Berbasis Kearifan Lokal, Permata TV Produksi Film Pendek “Cah Lanang”

Sukoharjo – Setelah sukses dengan Selendang Sekar, Laboratorium Permata TV Fakultas Ushuluddin dan Dakwah, UIN Raden Mas Said Surakarta, memproduksi film fiksi pendek berjudul “Cah Lanang”. Produksi film ini berawal dari gagasan para pengurus Permata TV guna memfasilitasi pelatihan videografi dalam hal pembuatan film bagi para anggotanya.

Penulisan naskah digawangi “Cah Lanang” digawangi secara langsung oleh Direktur Permata TV, Muhammad Thoriq Nuravianda, dan disutradarai oleh Wisnu Sadana. Total kru film yang terlibat dalam produksi “Cah Lanang” berjumlah 45 orang dari seluruh bidang dalam Laboratorium Permata TV. Adapun pembuatan film juga dibantu oleh beberapa talent khusus dari luar Permata TV yang telah diseleksi melalui proses casting. Proses produksi dilakukan selama 5 hari, mulai tanggal 22 sampai dengan 26 Juni 2021, dan mengambil lokasi shooting di Desa Ceper, Klaten.

Melalui film “Cah Lanang”, diharapkan setiap anggota Permata TV dapat turut belajar dan berlatih bagaimana cara membuat film yang baik. Mengingat langkah penyusunan film ini memang diambil sebaga upaya untuk memberikan kesempatan bagi mahasiswa KPI, khususnya anggota Permata TV, guna merasakan pengalaman dalam produksi sebuah film.

 Proses produksi film “Cah Lanang” dibantu oleh beberapa sponsorship, antara lain adalah Gongsinema, Redring, Solo Lensa, Sabikha Collection, dan Burjo Kayla. Pasca produksi film dirilis pada tanggal 15 September 2021 melalui acara bertajuk “Sounding Short Movie Cah Lanang”. Dalam perilisannya, acara tersebut mengundang 2 film tamu yang berasal dari komunitas film Jajardians dan Berkelakar. (Humas PTV)

Leave a Reply

Your email address will not be published.